ANALISIS KESESUAIAN SYARIAH PADA SISTEM OPERASI BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) KK INDONESIA DENGAN FATWA DSN MUI NO: 75/DSN MUI/VII/2009

AJENG DWYANITA, 041014029 (2014) ANALISIS KESESUAIAN SYARIAH PADA SISTEM OPERASI BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) KK INDONESIA DENGAN FATWA DSN MUI NO: 75/DSN MUI/VII/2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-dwyanitaaj-33590-7.-abstr-k.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
3134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (lampiran)
3134 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Maraknya bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang sedang berkembang pesat di Indonesia membuat banyak orang tertarik untuk bergabung. Namun, hal yang masih diperdebatkan para ulama mengenai operasi bisnis Multi Level Marketing (MLM) tersebut. Disamping itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa DSN MUI Nomor 75/DSN MUI/VII/2009 mengenai Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah operasi bisnis yang selama ini dijalankan oleh Multi Level Marketing (MLM) KK Indonesia sudah sesuai syariah dengan mengikuti 12 peraturan dari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut atau belum. Penelitian ini menggunakan analisis secara kualitatif yang menggunakan pedoman wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari data primer yang didapat dari penelitian lapangan serta data sekunder yang berasal dari literatur dan Fatwa DSN MUI. Dalam penelitian ini menggunakan data yang berasal dari manajemen Multi Level Marketing (MLM) PT. KK Indonesia cabang Surabaya, Jawa Timur dan ulama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah operasi Multi Level Marketing (MLM) KK Indonesia secara prosedur telah sesuai dengan fatwa DSN MUI No:75/DSN MUI/VII/2009.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 18/14 Dwy a
Uncontrolled Keywords: MULTILEVEL MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
AJENG DWYANITA, 041014029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrham Zaki, S.Ag.,MEIUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 08 Jun 2017 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3134
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item