PEMAHAMAN ETIKA BERDAGANG PADA PEDAGANG MUSLIM PASAR WONOKROMO SURABAYA ( STUDI KASUS PEDAGANG BUAH)

SITI NUR AZIZATURROHMAH, 040914052 (2014) PEMAHAMAN ETIKA BERDAGANG PADA PEDAGANG MUSLIM PASAR WONOKROMO SURABAYA ( STUDI KASUS PEDAGANG BUAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-azizaturro-30316-7.abstr-t.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
34.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdagang merupakan pekerjaan yang sangat dianjurkan dalam Islam,karena Rasulullah dan para sahabat juga seorang pedagang. Maka sudah seharusnya sebagai seorang muslim yang baik dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari sesuai dengan tuntunan Rasul agar sukses dunia dan akhirat termasuk dalam hal berdagang. Etika berdagang adalah tatakrama dan perilaku yang baik dalam berdagang sehingga pelanggan merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahman etika berdagang pada pedagang muslim Pasar Wonokromo Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pedagang muslim Pasar Wonokromo telah memahami etika berdagang berdasarkan prinsip kesatuan, kesetimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran dengan cara berdagang yang jujur dan baik (tidak berbuat curang), memberi informasi yang sesuai dengan kenyataan kepada pelanggan, menimbang dengan tepat sesuai takaran, tidak mengadakan penawaran palsu, tidak menyelipkan buah yang busuk ke dalam buah yang bagus, dan saling tolong-menolong antar sesama pedagang maupun pedagang dengan pengepul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 36/14 Azi p
Uncontrolled Keywords: WORK ETHIC
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1-2195 Ethics. Social Usages. Etiquette
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
SITI NUR AZIZATURROHMAH, 040914052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImron Mawardi, SP.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 11 Mar 2014 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item