PENGARUH KOREAN WAVE TERHADAP KONSEP MASKULINITAS PENGGEMARNYA DALAM PENGGUNAAN PRODUK PERAWATAN DIRI

INDRA CIPTA SOEWANTRIJAYA, 040912034 (2014) PENGARUH KOREAN WAVE TERHADAP KONSEP MASKULINITAS PENGGEMARNYA DALAM PENGGUNAAN PRODUK PERAWATAN DIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-soewantrij-35021-5.-abstr-k.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
75.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Korean Wave di Indonesia.Banyak artis Korea menjadi idola di Indonesia yang membuat mereka menjadi panutan bagi penggemarnya, termasuk soal maskulinitasnya. Informasi tentang Korean Wave dapat ditemukan di banyak media seperti dari TV, majalah hingga media sosial. Dengan media sosial informasi tentang Korean Wave dapat diakses dengan mudah, dan cepat. Dengan mewawancarai 10 pria penggemar industri hiburan Korea, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perubahan karakteristik maskulinitas pada saat ini, apakah adanya perubahan tersebut akibat adanya Korean Wave. Kemudian bagaimana peran sosial media dalam penyebaran Korean Wave dan cara pengadopsiannya serta bagaimana konsep diri maskulin yang ditularkan Korean Wave menjadi acuan dalam preferensi produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan maskulinitas yang terjadi. Tiga hal yang menjadi hal minimal yang dapat dikatakan laki-laki maskulin yaitu bersih, rapi dan merawat diri agar terlihat menarik bagi orang lain. Perubahan konsep Maskulinitas yang ini terjadi akibat adanya Korean Wave memunculkan beberapa karakteristik. Para narasumber menyukai gaya maskulinitas orang Korea yang suka merawat diri, mereka akan menjaga penampilannya agar terlihat menarik. Para sumber memanfaatkan sosial media untuk mencari-cari informasi tentang Korean Wave baik berupa lagu, film dan lain-lain, dengan konsep maskulin ini membuat para sumber berhati-hati dalam memilih dan memakai produk-produk grooming

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 113/14 Soe p
Uncontrolled Keywords: MASCULINITY (PSYCHOLOGY)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
INDRA CIPTA SOEWANTRIJAYA, 040912034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja, SE.,M.Com.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 23 May 2014 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 04:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3192
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item