PENGARUH PENAMBAHAN CLOFAZIMINE TERHADAP AKTIVASI INH PADA MENCIT YANG DIINFEKSI Mycobacterium tuberculosis RESISTEN INH MUTAN katG

REVIONO, 090610238/D (2010) PENGARUH PENAMBAHAN CLOFAZIMINE TERHADAP AKTIVASI INH PADA MENCIT YANG DIINFEKSI Mycobacterium tuberculosis RESISTEN INH MUTAN katG. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-reviono-24027-dis-k-14-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-reviono-20389-disk14-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah resistensi obat antiTB terutama INH menjadi kendala yang serius dalam program penanggulangan TB. Anion superoksida (O2-) dapat mengaktivasi INH untuk menjadi metabolit aktif terutama melalui jalur katG independent. Penelitian ini bertujuan mengonfirmasi bahwa Clofazimine dapat merangsang pembentukan O2- sehingga dapat mengaktivasi INH pada Mycobacterium tuberculosis resisten INH mutan katG Metode penelitian, rancangan eksperimental murni dengan randomized post test only control group design, pada hewan coba mencit. Mencit diinfeksi secara transtrakeal dengan Mycobacterium tuberculosis resisten INH sebanyak 0,1 mL larutan kuman dengan konsentrasi 105 per mL. Mencit dibagi menjadi 4 kelompok terdiri dari kelompok I : INH dan Clofazimine, Kelompok II : INH saja, Kelompok III : tanpa obat(awal perlakuan), Kelompok IV : tanpa obat (akhir perlakuan). Penilaian keefektifan obat ditentukan dengan pemeriksaan CFU kerusakan histopatologik (skor Dormans) ada paru mencit. Hasil penelitian ini memperlihatkan tidak didapatkan perbedaan yang bermakna p=0,257 antara CFU (mL/g) M tuberculosis resisten INH pada kelompok penambahan Clofazimine dan INH (kelompok I) dengan kelompok INH saja (kelompok II). Demikian juga Skor Dormans antara kelompok I dan kelompok II p=0,469. Pada kerusakan histopatologik tipe granuloma menunjukkan perbedaan bermakna kelompok I=1,90 lebih rendah dibandingkan kelompok II=3,20 (p=0,023), lebih rendah dibandingkan kelompok III=3,20 (p=0,029) dan lebih rendah dibandingkan dengan kelompok IV= 3,30 (p=0,034). Kesimpulan penelitian yaitu pembentukan koloni (CFU) dan kerusakan histopatologik (skor Dormans) pada pemberian Clofazimine dan INH tidak berbeda bermakna dibandingkan dengan pemberian INH saja. Pembentukan granuloma gradasi berat - sangat berat pada penambahan Clofazimine terhadap aktivasi INH pada mencit yang diinfeksi Mycobacterium resisten INH mutan katG lebih sedikit dibandingkan dengan mencit yang diberi INH saja.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis K 14/12 Rev p
Uncontrolled Keywords: Mycobacterium tuberculosis, INH resistant, katG mutant, Clofazimine
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
REVIONO, 090610238/DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Amin, Prof. Dr., dr., Sp.P(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorNi Made Mertaniasih, Prof. Dr., dr., MS., SpMKUNSPECIFIED
Thesis advisorIndropo Agusni,, Prof. Dr., dr.SpKK(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 20 Sep 2016 04:27
Last Modified: 20 Sep 2016 04:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/31935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item