PERAN DAN FUNGSI NETROFIL SALIVA SEBAGAI SEL EFEKTOR INNATE IMMUNITY MELALUI EKSPRESI CD35, CD89, CD63, CD66b,IL-8 DAN SEKRESI HNP1-3 PADA SEVERE EARLY CHILHOOD CARIES

MUHAMMAD LUTHFI, 090970120D (2014) PERAN DAN FUNGSI NETROFIL SALIVA SEBAGAI SEL EFEKTOR INNATE IMMUNITY MELALUI EKSPRESI CD35, CD89, CD63, CD66b,IL-8 DAN SEKRESI HNP1-3 PADA SEVERE EARLY CHILHOOD CARIES. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2014-luthfimuha-34533-6.abstr-k.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Severe early chilhood caries merupakan masalah kesehatan yang sangat serius karena merupakan penyakit infeksi kronis yang menular. Karies gigi dimulai setelah gigi sulung tumbuh dan berkembang pada permukaan gigi dengan sangat cepat dan progresif dengan manifestasi berupa nyeri, abses akut maupun kronis, demam, pembengkakan pada bibir sehingga nafsu makan menurun serta merupakan fokus infeksi dari berbagai penyakit sistemik. Netrofil merupakan komponen kunci dari garis pertahanan pertama terhadap invasi mikroba, fungsi penting dari netrofil dalam membunuh mikroba patogen adalah fagositosis, yang secara signifikan lebih efektif karena adanya proses opsonisasi oleh antibody dan complement melalui reseptor spesifiknya yaitu Fc R (CD89) dan complement receptor 1/ CR1 (CD35) untuk mengenali mikroba yang telah di opsonisasi oleh sIgA dan protein C3b.Menjelaskan peran dan fungsi netrofil saliva sebagai penyebab terjadinya severe aearyly chilhood caries Metode penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan teknik analisa T test, uji multiple regression. Empat puluh anak usia prasekolah yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu dua puluh anak severe early chilhood caries dan dua puluh early chilhood bebas karies. Pengambilan saliva masing-masing kelompok untuk menghitung jumlah S. mutans dan HNP 1-3, sedangkan hasil kumur Nacl 1.5% digunakan untuk isolasi netrofil dan analisis fungsi netrofil.Hasil uji teknik flow cytometry yang dianalisis uji T test menunjukkan bahwa terjadi penurunan signifikan ekspresi CD35, CD63, IL-8, tidak signifikan CD66b dan peningkatan signifikan ekspresi CD89, jumlah S. mutans, level HNP 1-3 netrofil saliva pada anak usia prasekolah penderita karies gigi berat,sedangkan sedangkan hasil analisis jalur melalui uji multiple regression menunjukkan bahwa pada severe early chilhood caries terdapat hubungan positif dan bermakna pada semua variabel.Kesimpulan tentang peran dan fungsi netrofil saliva sebagai penyebab karies gigi berat pada anak usia prasekolah akibat menurunya efektifitas fagositosis dari penurunan pembunuhan S. mutans intrasel yang terdeteksi melalui penurunan ekspresi CD35, CD63, CD66b sintesis IL-8.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK DIS K 14/14 Lut p
Uncontrolled Keywords: S.mutans ,phagocytosis ,neutrophil
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUHAMMAD LUTHFI, 090970120DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYoes Prijatna Dachlan, Prof. Dr., dr., M.Sc., Sp. ParK.UNSPECIFIED
ContributorRetno Indrawati, Dr., drg., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 20 Sep 2016 04:22
Last Modified: 20 Sep 2016 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/31936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item