MEKANISME REGENERASI TULANG MANDIBULA OSTEOPOROSIS DENGAN PEMBERIAN HUMAN UMBILICAL CORD MESENCHYMAL STEM CELLS (PENELITIAN EKSPERIMENTAL PADA TIKUS MODEL OSTEOPOROSIS)

NIKE HENDRIJANTINI, 011217017312 (2015) MEKANISME REGENERASI TULANG MANDIBULA OSTEOPOROSIS DENGAN PEMBERIAN HUMAN UMBILICAL CORD MESENCHYMAL STEM CELLS (PENELITIAN EKSPERIMENTAL PADA TIKUS MODEL OSTEOPOROSIS). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2016-hendrijant-40066-7.abstr-k.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pada wanita menopause, osteoporosis dapat terjadi pada mandibula, dan dapat mengakibatkan penolakan atau lepasnya implan karena tidak terjadinya osteointegrasi antara implan dan tulang mandibula. Penelitian eksperimen menggunakan Mesenchymal stem cell dari tali pusat bayi/ human Umbilical Cord Mesenchymal Stem Cell (hUCMSCs) menunjukkan potensi osteogenik yang baik dengan keunggulan non-invasif, jumlah tak terbatas dan tidak dipengaruhi usia dan kondisi fisik pasien. Tetapi, mekanisme regenerasi dan efektivitasnya masih belum dapat dimengerti sepenuhnya sampai saat ini. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan kemampuan osteogenik hUCMSCs dan menjelaskan mekanisme regenerasi tulang mandibula osteoporosis dengan pemberian hUCMSCs. Metode: Penelitian ini adalah true experimental dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. 34 ekor tikus Wistar betina dibagi ke dalam 6 kelompok, dengan masing masing kelompok terdiri dari 5 ekor yaitu kelompok kontrol normal (sham surgery), kelompok osteoporosis (ovariektomi), kelompok ovariektomi pasca injeksi pelarut gelatin 4 minggu dan 8 minggu, kelompok ovariektomi pasca injeksi hUCMSCs dan gelatin 4 minggu dan 8 minggu dan 4 ekor kelompok ovariektomi dengan injeksi hUCMSCs yang dilabel selnya dengan PKH26. Semua tikus dikorbankan untuk pemeriksaan histologi dan imunohistokimia. Pemeriksaan TGF- 1, Runx-2, jumlah osteoblas, ALP, kolagen tipe 1, osteocalcin dan luas trabekula tulang dilakukan dan dianalisa pada masing-masing kelompok. Hasil: Terjadi perbedaan bermakna jumlah osteoblas dan luas trabekula tulang kelompok normal dibandingkan dengan kelompok osteoporosis. Terdapat perbedaan bermakna pada ekspresi TGF- 1, Runx-2, jumlah osteoblas, kolagen tipe 1 dan luas trabekula tulang dari kelompok osteoporosis ke kelompok perlakuan pasca ovariektomi yang diinjeksi hUCMSCs. Hasil diatas menunjukkan bahwa hUCMSCs memiliki efek osteogenik yang tinggi. Dari analisis jalur didapatkan hUCMSCs meningkatkan ekspresi TGF- 1dan Runx-2, Runx-2 yang lebih tinggi, demikian juga dengan osteoblas. Osteoblas akan meningkatkan ALP, kolagen tipe 1 dan osteocalcin, peningkatan kolagen tipe 1 dapat meningkatkan luas trabekula tulang, sebagai hasil akhir didapatkan luas trabekula tulang yang dihasilkan pasca pemberian hUCMSCs sama baiknya dengan luas trabekula tulang normal yang tidak osteoporosis. Kesimpulan: hUCMSCs merupakan sumber sel punca atau MSCs yang dapat meningkatkan regenerasi tulang mandibula osteoporosis pada hewan coba.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis K 15-15 Hen m
Uncontrolled Keywords: human Umbilical Cord Mesenchymal Stem Cells (hUCMSCs), Osteoporotic, Mandibula
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
NIKE HENDRIJANTINI, 011217017312UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorR.M. Coen Pramono Danudiningrat, Prof., drg., SU., Sp.BM (K)UNSPECIFIED
ContributorFedik Abdul Rantam, Prof. Dr., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 20 Sep 2016 03:52
Last Modified: 12 Jun 2017 21:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/31944
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item