DIVERSITAS SEKUENS GEN 16S rRNA STRAIN Streptomyces spp. ISOLAT TANAH GUNUNG SEMERU DAN POTENSI ANTIBAKTERI TERHADAP Staphylococcus aureus

TUTIK JUNIASTUTI, 090810025 D (2013) DIVERSITAS SEKUENS GEN 16S rRNA STRAIN Streptomyces spp. ISOLAT TANAH GUNUNG SEMERU DAN POTENSI ANTIBAKTERI TERHADAP Staphylococcus aureus. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s3-2015-juniastuti-34825&no=6

Download (1kB)
[img] Text (FULL TEXT)
29.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengobatan penyakit karena infeksi kuman pada umumnya menggunakan obat antibiotika antara lain dari golongan Aminoglikosida misalnya Streptomisin. Seiring dengan meningkatnya jenis penyakit infeksi serta resistensi dan toksisitas dari antibiotika yang telah ada, maka pengembangan antibiotika masih berlangsung terus dengan pesat baik melalui pencarian dan penemuan antibiotika baru yang lebih poten maupun modifikasi struktur molekul antibiotika lama secara semi sintetis untuk mendapatkan antibiotika yang lebih berdaya guna. Salah satu usaha penemuan antibiotika baru, adalah melakukan isolasi dan identifikasi mikroba tanah yang diduga mempunyai peran penting dalam bidang bioteknologi terutama mampu memproduksi beberapa bioaktif metabolit sekunder yaitu antibiotika. Salah satu mikroba tersebut adalah Streptomyces spp. Sampai saat ini, banyak genom Streptomyces spp. sebagai sumber keaneka ragaman hayati belum diteliti, sehingga penelitian sekuen gen 16S rRNA Streptomyces spp. dari isolat tanah dataran tinggi perlu dilakukan. Berdasarkan peran penting Streptomyces spp. yang nantinya dapat dikembangkan sebagai alternatif pengobatan infeksi, maka penelitian ini dilakukan untuk mencari isolat Streptomyces spp. baru secara besar-besaran pada berbagai habitat, seperti tanah pegunungan di daerah Jawa Timur, dan diharapkan Streptomyces spp. yang ditemukan pada lokasi tersebut adalah spesies yang survive di daerah tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menemukan Streptomyces spp. jenis baru dari isolat tanah Gunung Semeru yang survive, spesifik dan diharapkan mampu menghasilkan antibiotik.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK DIS K 26/14 Jun d
Uncontrolled Keywords: Streptomyces spp., the land of Mount Semeru, 16S rRNA gene, Streptomycin Staphylococcus aureus ATCC 6538P.
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
TUTIK JUNIASTUTI, 090810025 DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Agus Sudjarwo, Prof., drh., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:36
Last Modified: 17 Oct 2016 08:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item