EFEK EKSTRAK N-HEKSANA UMBI BIDARA UPAS (Merremia mammosa (Lour.) Hall. F. TERHADAP EKSPRESI NF-KB, KADAR IFN-, TNF-, IL-10, SERTA PERBAIKAN KERUSAKAN JARINGAN PARU PADA INFEKSI Mycobacterium tuberculosis (Studi Eksperimental Pada Hewan Model Mencit Balb/C)

ASNIA ZAINUDDIN, 090810070D (2015) EFEK EKSTRAK N-HEKSANA UMBI BIDARA UPAS (Merremia mammosa (Lour.) Hall. F. TERHADAP EKSPRESI NF-KB, KADAR IFN-, TNF-, IL-10, SERTA PERBAIKAN KERUSAKAN JARINGAN PARU PADA INFEKSI Mycobacterium tuberculosis (Studi Eksperimental Pada Hewan Model Mencit Balb/C). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2015-zainuddina-38606-8.abstr-k.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1zainuddina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. M.tuberculosis dapat menghambat proses fagositosis dan berkembang biak dalam makrofag sehingga mengurangi fungsi fagositosis makrofag. Peningkatan respon imun tubuh dapat mencapai tujuan pengobatan penyakit tuberkuosis yang optimal. Bidara upas (Mirremia mammosa) adalah tanaman obat yang dapat menghambat pertumbuhan M. tuberculosis in vitro dan meningkatkan respon imun seluler pada mencit Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efek dan mekanisme ekstrak n-heksana umbi bidara upas (Mirremia mammosa) terhadap perbaikan kerusakan jaringan paru mencit yang diinfeksi M. tuberculosis berdasarkan peran NF-kB, IFN- , TNF- , dan IL-10. Metode Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental laboratories. Menggunakan 32 ekor mencit jantan Balb/c. Enam ekor mencit untuk kontrol normal (K0) dan 26 ekor mencit diinfeksi dengan M. tuberculosis strain H37Rv secara intratrakea. dipelihara selama 4 minggu. Pada hari ke-29, 2 ekor mencit dari 26 ekor mencit yang diinfeksi M. tuberculosis, dikorbankan untuk membuktikan adanya infeksi M. tuberculosis pada hewan coba. Selanjutnya 24 ekor mencit yang telah terinfeksi M. tuberculosis dibagi menjadi empat kelompok secara ramdom. Kelompok kontrol (K1), tanpa pemberian ekstrak nheksana umbi bidara upas. Kelompok P1, P2, dan P3, diberi ekstrak n-heksana umbi bidara upas dosis 1,5, 7,5, dan 37,5 mg/20gbb/oral/hari, selama 21 hari. Diberikan pada hari ke-29 setelah mencit diinfeksi M.tuberculosis, dan diterminasi pada hari ke-22 setelah pemberian ekstrak n-heksana umbi bidara upas. Pemeriksaan kadar IFN- , TNF- , IL-10 pada serum mencit dengan metode ELISA. Pemeriksaan ekspresi NFkB dan kerusakan jaringan pada jaringan paru mencit dengan metode imunohistokimia dan metode pewarnaan HE. Hasil: Pemberian ekstrak n-heksana umbi bidara upas meningkatkan ekspresi NF-kB, kadar IFN- , dan TNF- , menurunkan kadar IL-10 dan tingkat kerusakan jaringan paru secara signifikan pada p = 0,000 (p < 0,05). Uji korelasi menunjukkan korelasi positif antara pemberian ekstrak heksana-n umbi bidara upas dengan ekspresi NF-kB, kadar IFN- dan TNF- . Korelasi negatif antara ekstrak heksana-n dari bidara upas umbi dengan penurunan kadar IL-10 dan tingkat kerusakan jaringan paru. Kesimpulan: Ekstrak n-heksana umbi bidara upas mengandung bahan aktif yang dapat meningkatkan ekspresi NF-kB, kadar IFN- , TNF- , menurunkan kadar IL-10, seiring dengan peningkatan dosis yang diberikan. Efek pemberian ekstrak n-heksana umbi bidara upas dalam perbaikan kerusakan jaringan paru mencit terinfeksi M. tuberculosis melalui mekanisme peningkatan ekspresi NF-kB, kadar IFN- , TNF- , dan penurunan kadar IL-10. Efek terbaik ditunjukkan oleh kelompok dosis 37,5 mg/ 20gbb/oral/hari.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK. Dis K. 06-15 Zai e
Uncontrolled Keywords: n-hexane extract of bidara upas tuber, M. tuberculosis, NF-kB, IFN-g, TNF-apha, IL-10, lung tissue damage
Subjects: Q Science
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ASNIA ZAINUDDIN, 090810070DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNi Made Mertaniasih, Prof.Dr.,dr.,MS.,SpMKUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 03 Oct 2016 02:08
Last Modified: 18 Jun 2017 18:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32193
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item