PENGARUH LEVERAGE KEUANGAN DAN KEBIJAKAN KEUANGAN TERHADAP RISIKO SISTEMATIS DAN KEPUTUSAN HEDGING SERTA NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERBUKA DI INDONESIA

ISFENTI SADALIA, 099913653D (2003) PENGARUH LEVERAGE KEUANGAN DAN KEBIJAKAN KEUANGAN TERHADAP RISIKO SISTEMATIS DAN KEPUTUSAN HEDGING SERTA NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERBUKA DI INDONESIA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
sadaliaisf.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
jiptunair-gdl-s3-2005-sadaliaisf-1490-dise04-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak pertengahan tahun 1997 Indonesia, dilanda krisis moneter yang mengenai hampir seluruh sektor perekonomian. Perusahaan yang go public di pasar modal Indonesia, hampir seluruhnya mempunyai kewajiban luar negeri. Ketika nilai rupiah melemah terhadap dollar US mengakibatkan utang perusahaan dalam bentuk dollar menjadi meningkat tajam ketika dikonversikan ke dalam nilai rupiah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage keuangan dan kebijakan keuangan terhadap risiko sistematis, keputusan hedging serta nilai perusahaan. Studi ini mengembangkan lebih lanjut mengenai risiko sistematis dan keputusan hedging yang mempengaruhi nilai perusahaan yang telah banyak dilakukan di pasar modal luar negeri. Membuktikan teori Capital Asset Pricing Model (CAPM) oleh Sharpe mengenai pengaruh risiko sistematis terhadap imbal hasil saham dan proposisi Modigliani dan Miller yang menyatakan bahwa keputusan lindung nilai (hedging) tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Populasi penelitian ini terdiri dari 114 perusahaan manufaktur yang go publik sampai tahun 1997 dan yang menyampaikan laporan keuangan empat tahun berturut-turut serta yang memiliki transaksi valuta asing dalam laporan keuangannya. Teknik analisa data dilakukan dengan structural equation model menggunakan paket program AMOS 4.0. Temuan studi menunjukkan bahwa pengaruh leverage keuangan negatif tidak signifikan terhadap risiko sistematis dan terhadap keputusan hedging positif tidak signifikan. Penurunan leverage bukan menyebabkan risiko sistematis saham meningkat mungkin karena faktor-faktor lain. Perusahaan diduga belum mengetahui dengan jelas cost dan benefit yang diperoleh jika melakukan hedging. Perusahaan go public masih berorientasi pada profit bukan pada kepastian cash flow. Temuan studi ini menunjukkan ada pengaruh langsung positif dan signifikan antara risiko sistematis terhadap keputusan hedging dan nilai perusahaan. Artinya. risiko sistematis harus di-hedging baik perusahaan yang berorientasi ekspor ataupun impor, karena dengan kebijakan pemerintah semenjak tahun 1997 yang membuat kurs rupiah mengambang sesuai mekanisme pasar maka keputusan hedging dapat memberikan kepastian cash flow bagi perusahaan serta memberikan informasi positif bagi investor sehingga meningkatkan minat investor untuk membeli saham dan nilai tambah ekonomis perusahaan. Temuan studi menunjukkan bahwa kebijakan keuangan perusahaan meningkat menyebabkan risiko sistematis meningkat dan menurunkan keputusan hedging. Kebijakan keuangan agresif mengakibatkan sensitivitas perusahaan terhadap perubahan pasar menurun. Sedangkan kebijakan keuangan agresif mengakibatkan keputusan hedging meningkat. Temuan studi menunjukkan bahwa leverage keuangan, risiko sistematis dan kebijakan keuangan terhadap nilai perusahaan adalah negatif tidak signifikan. Pada pasar modal Indonesia, nilai tambah ekonomis perusahaan dan pergerakan harga saham lebih banyak ditentukan oleh efek psikologi pasar.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK Dis E 04/04 Sad p
Uncontrolled Keywords: financial leverage, financial policies, systematic risk, hedging decision, firms value
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ISFENTI SADALIA, 099913653DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. S. Idrus, Prof.Dr.H.,SE.,M.EcUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:08
Last Modified: 18 Jun 2017 19:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item