PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABANKONTEMPORER SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAIKINERJA MANAJER DEPARTEMEN PRODUKSI(STUDI KASUS PADA PT. X DI SIDOARJO)

ADY PUTERA SETYO PRIBADI, 040214324E (2005) PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABANKONTEMPORER SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAIKINERJA MANAJER DEPARTEMEN PRODUKSI(STUDI KASUS PADA PT. X DI SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-pribadiady-5909-a301_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
pribadiady.pdf

Download (848kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini, dengan semakin bertambah besarnya skala suatu perusahaan, maka semakin bertambah kegiatannya dan semakin kompleks pula masalah yang dihadapi oleh manajemen. Dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan pengendalian atas pusat-pusat pertanggungjawaban manajer dapat menggunakan informasi akuntansi pertanggungjawaban kontemporer. Informasi akuntansi pertanggungjawaban kontemporer merupakan informasi akuntansi yang digunakan sebagai alat penilaian kinerja. Dengan diterapkannya sistem akuntansi pertanggungjawaban kontemporer pada departemen produksi PT. X di Sidoarjo, maka penilaian kinerja dapat dinilai berdasarkan faktor-faktor keuangan dan faktor-faktor non-keuangan sehingga kinerja manajer departemen produksi pada PT X di Sidoarjo dapat dinilai secara keseluruhan. Namun selama ini penilaian kinerja manajer departemen produksi pada PT. X di Sidoarjo dalam ukuran kinerja keuangan yang menyangkut pertanggungjawaban manajer atas anggaran yang dikelolanya, kurang diperhatikan oleh manajemen puncak sehingga sering kali terjadi over budgeting di departemen produksi. Penulisan skripsi ini meneliti mengenai bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban kontemporer pada PT. X di Sidoarjo dalam fungsinya sebagai alat penilai kinerja manajer departemen produksi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus pada PT. X di Sidoarjo. Data-data yang digunakan untuk pemecahan masalah diperoleh dari dokumentasi data intern perusahaan, hasil wawancara dan observasi. Digunakan teknik triangulasi yakni teknik check-recheck antara multi sumber dengan teori guna memeriksa keabsahan data. Teknik analisis yang digunakan adalah menganalisis data dan membandingkannya dengan teori yang sesuai dengan pokok permasalahan penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa selama ini departemen produksi pada PT. X di Sidoarjo telah melakukan penilaian kinerja manajer, namun jika dikaitkan dengan penerapan akuntansi pertanggungjawaban kontemporer sebagai alat penilaian kinerja manajer maka penilaian kinerja yang dilaksanakan belum sepenuhnya sesuai dengan konsep akuntansi pertanggungjawaban kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 301/05 Pri p
Uncontrolled Keywords: Sistem akuntansi pertanggungjawaban kontemporer, sistem penilaian kinerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ADY PUTERA SETYO PRIBADI, 040214324EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMohammad Suyunus, Drs.,MAFIS.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 30 Sep 2016 06:57
Last Modified: 30 Sep 2016 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item