PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

IKA YUNIATI PRAMESTI, 040013118E (2005) PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
pramestiik.pdf

Download (990kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-pramestiik-5897-a37205-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari kegiatan investasi adalah memperoleh return yang optimal. Saat ini kegiatan investasi yang banyak diminati oleh investor adalah investasi dalam saham. Investasi saham merupakan investasi yang memiliki resiko tinggi, ketika pemodal menghadapi kesempatan investasi yang berisiko, pilihan investasi tidak dapat hanya mengandalkan pada tingkat keuntungan yang diharapkan. Yang bisa dilakukan adalah memperkirakan berapa keuntungan yang diharapkan dari investasinya, dan seberapa jauh kemungkinan hasil yang sebenarnya nanti akan menyimpang dari hasil yang diharapkan. Oleh karenanya, perlu diadakan investigasi dan analisis yang mendalam agar tidak terjadi kerugian dalam investasi. Kinerja keuangan adalah salah satu faktor penting bagi investor dalam memilih saham yang akan mereka investasikan. Kinerja keuangan merupakan suatu ukuran keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan oleh suatu badan usaha selama periode tertentu. Dalam mengukur kinerja keuangan dapat digunakan berbagai macam alat ukur, salah satunya adalah Economic Value Added (EVA). EVA adalah suatu pendekatan yang dicetuskan oleh Stern, Stewart Co, untuk dapat menciptakan laba ekonomis dan merupakan konsep yang sudah menjadi topik pemikiran ekonomi selama beberapa tahun ini. EVA adalah keuntungan (kerugian) yang didapat setelah mengurangi laba operasi setelah pajak dengan biaya modal dimana seluruh ekuitas modal dan kewajiban termasuk didalamnya. Ukuran perusahaan adalah faktor penting lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih suatu saham. Karena ukuran perusahaan mencerminkan resiko yang akan dihadapi oleh investor. Semakin besar ukuran perusahaan maka semakin kecil resikonya. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap stock return pada perusahaan manufaktur yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan informasi keuangan lainnya pada periode tahun 2001 hingga 2003. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kinerja keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stock return hal ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan merupakan faktor penting yang harus dilihat oleh investor sebelum membeli saham di bursa sedangkan ukuran perusahaan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stock return, karena ukuran perusahaan sulit digunakan untuk memprediksi jumlah return yang akan diterima oleh investor. Kemudian secara simultan atau bersama-sama kinerja keuangan dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stock return.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 372/05 Pra p
Uncontrolled Keywords: Stock Return; Kinerja Keuangan; Economic value Added; Ukuran perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IKA YUNIATI PRAMESTI, 040013118EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndry Irwanto, Drs.,MBA.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:52
Last Modified: 18 Jun 2017 21:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32241
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item