ANALISIS PENGARUH DISPARITAS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PEKERJA SEKTORAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR

ELLYANO S. LASAM, 099712444D (2002) ANALISIS PENGARUH DISPARITAS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PEKERJA SEKTORAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
lasamelyya.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2007-lasamellya-3567-dise23-a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan perekonomian Kalimantan Timur cukup tinggi, pertumbuhan yang tinggi itu sebenarnya bila diteliti secara mendalam hanyalah meliputi beberapa sektor, sedang sektor yang lainnya jauh tertinggal. Demikian pula penyerapan tenaga kerja, justru sangat kecil sekali pada sektor-sektor yang tumbuh dengan pesat, hal inilah yang menyebabkan adanya Disparitas Produksi. Disparitas produksi juga disebabkan kesenjangan yang tinggi antara sektor migas dan sektor non migas, ini dapat dilihat dari sumbangan sektor migas lebih besar terhadap PDRB, daripada sektor non migas yang sumbanganya relatif kecil terhadap PDRB Kalimantan Timur, jika di lihat dari penyerapan tenaga kerja, sektor migas menyerap tenaga kerja relatif kecil, tetapi sektor non migas penyerapan tenaga kerja cukup besar. Penelitian ini akan membahas secara komprehensif pengaruh disparitas produksi. Pengaruh pendapatan pekerja sektoral, terhadap pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur, bagaimana pola pertumbuhannya, serta sektor mana yang dominan, dapat diandalkan untuk memicu pertumbuhan ekonomi. Alat analisis dalam penelitian ini mempergunakan program software SPSS versi 10. Hasil penelitian menunjukkan benar terjadi disparitas produksi dan pendapatan pekerja sektoral di pengaruhi oleh tenaga kerja dan modal/ upah. Disparitas produksi dan pendapatan pekerja sektoral berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi sehingga indeks keseimbangan rendah terjadi pada daerah pertumbuhan yang tinggi, dengan demikian pola pembangunan yang dilakukan di Kalimantan Timur. Mendahulukan pembangunan sektor produktif, setelah itu dilanjutkan sektor sarana prasarana, dengan demikian pembangunan mengarah kepada keseimbangan. Sektor yang mempunyai keterkaitan ke depan (forward linkage) dan merupakan andalan untuk meningkatkan pertumbuhan pembangunan adalah sektor industri, sektor industri dapat merangsang dan mendorong industri lainnya, pada pembanguan industri biasanya menunjukkan bahwa keterkaitan di dalam industri itu sendiri maupun dengan sektor lainnya perlu untuk di kembangkan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis E 23/03 Las a
Uncontrolled Keywords: Disparity, Balanced Growth, Backward and Forward Linkage, Leading sector.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELLYANO S. LASAM, 099712444DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH.M. Syafi’ie Idrus, Prof.Dr.,SE.,MEcUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 04 Oct 2016 08:37
Last Modified: 19 Jun 2017 21:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32340
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item