PENGEMBANGAN MODEL KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA PRA-SEJAHTERA MELALUI PROSES SCALLING UP PADA KELOMPOK UPPKS YANG BERGABUNG DENGAN POSDAYA DI DESA BANJARSARI SIDOARJO

PUDJI LESTARI, 090970606 (2014) PENGEMBANGAN MODEL KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA PRA-SEJAHTERA MELALUI PROSES SCALLING UP PADA KELOMPOK UPPKS YANG BERGABUNG DENGAN POSDAYA DI DESA BANJARSARI SIDOARJO. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2015-lestaripud-36951-7.abstr-t.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s3-2015-lestaripud-36951-20FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Mengembangkan model kemandirian ekonomi keluarga pra sejahtera melaluiproses Scalling Uppada kelompok UPPKS di Desa Banjarsari – Sidoarjo. Responden untuk analisis dalam penelitian ini adalah kelompok UPPKS di Desa Banjarsari – Sidoarjo.Penelitian ini adalah penelitian survei dengan sampel penelitian sebanyak 14 Kepala Keluarga. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Analisis SWOT hasil diskusi FGD ( Focus Grup Discussion ) kelompok UPPKS melalui proses Scalling Up menghasilkan bahwa setiap keluarga mampu menganalisis SWOT dan mempunyai spesifikasi berbeda-beda kondisinya dalam hal kekuatan dan peluang yang dimiliki serta kelemahan dan ancaman yang harus dihadapi. (2) Permasalahan ditentukan sendiri oleh masing-masing keluarga sehingga dalam rencana solusi juga diputuskan oleh masing-masing keluarga berdasarkan kekuatan dan peluang yang dimiliki. (3) Langkah solusi yang dilakukan masing-masing keluarga dilakukan secara bertahap menurut prioritas yang telah disepakati oleh anggota keluarga sendiri. (4) Tingkat capaian kemandirian ekonomi keluarga yang dilakukan dua tahap terhadap enam indikator kemandirian keluarga memperlihatkan peningkatan yang signifikan di semua keluarga setelah dianalisi uji Pair t- tes, dari enam indikator yang memperlihatkan indikator yang paling rendah yaitu pada indikator sikap gotong-royong. (5) Pengembangan Posdaya berbasis kemandirian ekonomi keluarga melalui proses Scalling Up yang diterapkan pada kelompok UPPKS di Desa Banjarsari Sidoarjo terbukti mampu memberi manfaat berupa peningkatan kemandirian ekonomi. Temuan dalam penelitian ini adalah sintakmatik( langkah-langkah ) model Pengembangan kemandirian ekonomi pra sejahtera yang telah diuji terbukti memberi manfaat. Beberapa saran yang diusulkan adalah: (1) Dalam melakukan pendampingan terhadap informan ketika melakukan proses Scalling Up, hendaknya pendamping hanya memberikan masukan-masukan atau solusi yang berupa pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dari alternatif yang diberikan hendaknya kembali kepada informan itu sendiri; (2) Pendamping/peneliti ketika berada di lapangan hendaknya merasa satu bagian dengan informan, apa yang dirasakan dan dikerjakan oleh informan juga dilakukan oleh pendamping/peneliti; (3) Pendamping/peneliti dalam proses Scalling Up terhadap informan dilarang memberikan masukan atau bantuan kepada informan berupa modal atau uang akan tetapi masukan berupa pemberian buku-buku atau teknik dalam mengembangkan keterampilan sangat diharapkan. (4) Perlu dilakukan penelitian lanjutan pada kelompok keluarga pra sejahtera di berbagai Posdaya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis PSDM. 01-14 Les p
Uncontrolled Keywords: scaling up, pre-prosperous family, economic self-reliance
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
PUDJI LESTARI, 090970606UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHaryono Suyono, Prof., Dr., H., MAUNSPECIFIED
ContributorSunarjo, Dr., dr., MS., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:12
Last Modified: 11 Oct 2016 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item