FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA S1 EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA BELUM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH

MEGA NILASARI JOHAN, 041014148 (2014) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA S1 EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA BELUM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-johanmegan-33130-6.abstr-k.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB UNAIR belum memilih menjadi nasabah Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis faktor eksploratori. Karakteristik populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB UNAIR yang mengikuti perkuliahan wajib Ekonomi Islam. Jumlah sampel pada saat pre eliminary test dengan melakukan wawancara tertulis sebanyak 25 responden, dan untuk main test dibutuhkan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada empat faktor yang berpengaruh pada keputusan mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB UNAIR. Empat faktor tersebut sebagai hasil reduksi dari proses pengolahan analisis faktor. Keempat faktor tersebut dinamai faktor citra merek, product knowledge, spurious loyalty, dan pengalaman pelayanan. Saran bagi Bank Syariah, meningkatkan pengalaman pelayanan pengiriman uang tepat waktu, menawarkan promosi penjualan yang menarik calon nasabah sehingga tertarik menjadi nasabah Bank Syariah, mensosialisasikan tentang bahaya riba pada sistem bunga, tidak membebankan biaya (charge) ATM maupun online banking pada setiap transaksinya. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat meneliti faktor-faktor yang terbentuk dan mempengaruhi variabel lain yaitu keputusan mahasiswa muslim S1 FEB UNAIR belum menjadi nasabah Bank Syariah, penelitian selanjutnya yang kedua, menjadikan faktor-faktor yang terbentuk menjadi variabel eksogen dalam pengaruhnya terhadap sikap konsumen muslim pada Bank Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 58/14 Joh f
Uncontrolled Keywords: CONSUMERS; BANKS AND BANKING-RELIGIOUS ASPECTS-ISLAM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
MEGA NILASARI JOHAN, 041014148UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirin Tri Ratnasari, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 05 Sep 2014 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 06:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item