PENGARUH FAKTOR KUALITAS LAYANAN KESEHATAN DAN KEPRIBADIAN DOKTER TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN WONOGIRI PROPINSI JAWA TENGAH

RINI ADIYANI, 090214947 D (2006) PENGARUH FAKTOR KUALITAS LAYANAN KESEHATAN DAN KEPRIBADIAN DOKTER TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN WONOGIRI PROPINSI JAWA TENGAH. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2007-adiyanirin-3806-dise14-7-abs.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1-4)
32645_fulltext1-4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5-DAPUS)
32645_fulltext5-dapus.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
32645_lamp.pdf

Download (509kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jaminan kesehatan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap warga masyarakat. Untuk itu peningkatan pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat di setiap wilayah kabupaten menjadi suatu tuntutan yang sangat diharapkan oleh masyarakat, sedangkan Puskesmas itu sendiri merupakan suatu kebutuhan searah dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya arti kesehatan. Puskesmas hams dapat memberikan pelayanan prima yaitu pelayanan yang bermutu tinggi, berdasarkan standart optimal yang ditetapkan, dan memberikan kepuasan kepada pasien, baik pasien internal maupun pasien eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory yaitu suatu penelitian yang bertujuan mengkaji perilaku masyarakat dalam lingkup yang terbatas yaitu KABUPATEN WONOGIRI . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan kesehatan dan kepribadian dokter terhadap kepuasan dan loyalitas pasien. Penelitian ini juga dapat dikatakan sebagai penelitian yang bersifat kausal, yaitu suatu penelitian yang bermaksud mengetahui ada tidaknya keterkaitan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Didalam penelitian ini tehnik analisis yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah tehnik SEM ( Structural Equation Modeling ). Penentuan besarnya sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini akan mengikuti ketentuan ukuran sampel yang sesuai digunakan dalam SEM ( Structural Equation Modeling ). Didasari banyaknya sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 200 responden. Kontribusi Leon yang dihasilkan oleh penelitian ini adalah menemukanbukti empirik bahwa tangibles dan kepribadian Dokter berpengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan pasien Hal ini disebabkan karena kebanyakan pasien di Puskesmas Wonogiri adalah orang desa yang berpendidikan rendah dan ekonomi bawah sehingga mereka tidak mempermasalahkan tampilan fisik Puskesmas. Tidak ada pilihan lain yang hams dilakukan apabila mereka membutuhkan layanan kesehatan, serta keterbatasan pendidikan dan ekonomi membuat mereka hams menerima dengan lapang dada keadaan seperti ini. pasien di Puskesmas Wonogiri juga sudah merasa terpuaskan dengan perhatian yang diberikan oleh perawat atau bidan Puskesmas sehingga tidak membutuhkan perhatian dari seorang dokter. Kondisi ini tercipta karena seringnya dokter tidak berada di Puskesmas pada saat pasien membutuhkan. Pelayanan kesehatan di Puskesmas banyak dilakukan oleh perawat atau bidan Secara empirik penelitian ini juga menemukan responsiveness , reliability, assurance, empathy, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hash temuan studi maka disarankan bagi penelitian teorik selanjutnya untuk mengembangkan model penelitian yang lebih komperhensif dengan memperkaya dimensi yang sudah pernah diteliti atau menambah, menggabungkan dengan dimensi dimensi lain yang lebih akurat. Pemerintah Daerah dalam hat ini Dinas Kesehatan terkait perlu lebih mengupayakan adanya peningkatan kinerja khususnya para dokter yang berada di Puskesmas agar lebih memperhatikan kepentingan pasien daripada kepentingan pribadi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis.E.14/07 Adi p
Uncontrolled Keywords: Service quality; personality of the doctors; satisfaction and loyalty of the patients
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsEmail
RINI ADIYANI, 090214947 DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEffendie, Prof., Dr., H., SEUNSPECIFIED
ContributorBudiman, Prof., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:24
Last Modified: 07 Jun 2017 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32645
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item