PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN PRESTASI KERJA SERTA TURNOVER INTENTIONS DI JAWA DAN BALI

DIAN AGUSTIA, 099913661 D (2005) PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN PRESTASI KERJA SERTA TURNOVER INTENTIONS DI JAWA DAN BALI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2007-agustiadia-3619-dise23-5-abs.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s3-2007-agustiadia-3619-dise23-5.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini dimaksudkan, pertama untuk menguji pengaruh variabel profesionalisme auditor terhadap hasil kerja individu. Hasil kerja individu dalam hal ini adalah kepuasan kerja, komitmen organisasi , prestasi kerja dan turnover intentions. Kedua, dimaksudkan untuk menguji pengaruh antar variabel-variabel hasil-kerja individu tersebut. Ruang lingkup pengujiannya adalah berkaitan dengan auditor pada Kantor Akuntan Publik di Jawa dan Bali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Cara pengumpulan data melalui media kuesioner. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu, yaitu auditor pada jenjang supervisor dan manajer. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan secara cross section dan data sekunder. Pengambilan sampel berdasarkan tehnik Area Probability Sampling dengan jumlah sampel 156 auditor. Model penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan alat statistik AMOS 4.0 Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh langsung variabel profesionalisme auditor terhadap variabel-variabel hasil-kerja individu, yaitu terhadap kepuasan kerja, prestasi kerja dan terhadap turnover intentions. Profesionalisme auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja dan kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap turnover intentions. Profesionalisme berpengaruh terhadap turnover intentions, prestasi kerja berpengaruh terhadap turnover intentions, dari dua jalur ini ternyata terdapat temuan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh tidak langsung profesionalisme auditor terhadap turnover intentions melalui prestasi kerja. Artinya bahwa semakin tinggi profesionalisme seorang auditor, turnover intentions semakin rendah dengan semakin tingginya prestasi kerja yang dimilikinya. Temuan tersebut sesuai teori dari Elliott (1973) yang menyatakan bahwa profesionalisme dapat menjadi sebuah elemen motivasi yang memberikan sumbangan terhadap prestasi kerja dengan keterampilan yang tinggi dan sesuai dengan teori Williams dan Livingstone (Spector,1996:261) yaitu prestasi kerja berpengaruh signifikan terhadap turnover intentions. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi bagi para pimpinan organisasi bahwa profesionalisme yang dimiliki oleh seorang karyawan akan mempunyai pengaruh terhadap hasil-kerja individu yaitu tingkat kepuasan kerjanya, prestasi kerjanya dan turnover intentions. Namun disamping itu, yang juga merupakan hal penting bahwa tingkat profesionalisme seseorang berpengaruh langsung terhadap turnover intentions dan berpengaruh tidak langsung terhadap turnover intentions melalui prestasi kerja.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis.E.23/05 Agu p
Uncontrolled Keywords: Auditors professionalism, Job satisfaction, Organizational commitment, Job performance and Turnover intentions.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsEmail
DIAN AGUSTIA, 099913661 DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorV Hengky Supit, Prof., SE., AkUNSPECIFIED
ContributorARSONO LAKSMANA, Prof. Dr., SE., Ak., CPAUNSPECIFIED
ContributorSoegeng Soetedjo, Dr., H., SE., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:19
Last Modified: 10 Oct 2016 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item