KONSEP SEHAT MENURUT PERSPEKTIF BUDAYA JAWA(Studi Perilaku Masyarakat Jawa dalam Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan di Blitar Jawa Timur)

IMAM SUNARNO, 090810723 D (2012) KONSEP SEHAT MENURUT PERSPEKTIF BUDAYA JAWA(Studi Perilaku Masyarakat Jawa dalam Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan di Blitar Jawa Timur). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sunarnoima-32292-8.abstr-.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
32854.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sehat merupakan hak kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap manusia. Untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal telah disediakan fasilitas pelayanan Kesehatan oleh Pemerintah baik mulai tingkat Daerah misalnya Puskesmas sampai tingkat Pelayanan Purna yaitu Rumah Sakit yang didukung perlengkapan dan peralatan yang serba moderen. Namun masyarakat masih banyak yang menggunakan fasilitas pelayanan Tradisional untuk penanganan masalah kesehatan sesuai dengan pandangan dan gagasan yang diperoleh secara turun-temurun dari para leluhurnya. Pandangan masyarakat tersebut masih bervariasi dalam memaknai Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah menggali konsep sehat menurut perspektif budaya Jawa dan perilaku masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Metode yang digunakan untuk mengeksplorasi dan mengkonstruksi konsep sehat menurut perspektif budaya Jawa tersebut, menggunakan Indepth Interview dengan Informan, Diskusi Kelompok Terarah dengan Informan sesuai dengan pandangan pengetahuan dan gagasan masyarakat maupun pengamatan langsung di lapangan. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa konsep sehat menurut Informan yang berlatar belakang budaya Jawa adalah kondisi manusia dalam siklus kehidupan mulai dari proses kelahiran, proses kehidupan sampai proses kematian yang berkaitan dengan keteguhan hati dan pikiran, kondisi fisik yang baik (rahayu) , dan kehidupan yang selamat/ beruntung. Adapun faktor yang mempengaruhi kesehatan berasal dari faktor internal dalam tubuh termasuk pengendalian nafsu dan faktor eksternal termasuk kondisi lingkungan alam di sekitar manusia, sedangkan sakit Dipengaruhi oleh faktor ucapan, guna-guna, lingkungan manusia dan takdir, sedang untuk upaya pencegahan agar tetap sehat dengan perilaku manusia yang wajar serta kemampuan manusia dalam mengendalikan nafsunya dalam berbagai siklus kehidupan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS. IK 1-14 Sun k
Uncontrolled Keywords: Konsep, Sehat, Sakit
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IMAM SUNARNO, 090810723 DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKuntoro, Prof.,H.,dr.,MPH.,DrPHUNSPECIFIED
ContributorOedojo Soedirham, dr.,MPH.,MA.,PhDUNSPECIFIED
ContributorToetik Koesbardiati, Dr.,Dra.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 06 Jul 2017 23:00
Last Modified: 06 Jul 2017 23:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item