TINDAKAN SOSIAL ORANG TUA PADA ANAK PENDERITA KANKER DARAH (Studi Kualitatif Orientasi Kesehatan untuk Memperoleh Penyembuhan oleh Orang Tua pada Anak Penderita Kanker Darah di RSU Dr. Soetomo)

TITIN NURJANAH, 071211431107 (2016) TINDAKAN SOSIAL ORANG TUA PADA ANAK PENDERITA KANKER DARAH (Studi Kualitatif Orientasi Kesehatan untuk Memperoleh Penyembuhan oleh Orang Tua pada Anak Penderita Kanker Darah di RSU Dr. Soetomo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
Titin Nurjanah_HalDepan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Titin Nurjanah_Bab1.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Titin Nurjanah_Bab2.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text
Titin Nurjanah_Bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Titin Nurjanah_Bab4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Titin Nurjanah_Bab5.pdf

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
Titin Nurjanah_DafPus.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Titin Nurjanah_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker darah merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita anak-anak. Selsel kanker yang menyebar dalam darah penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama. Studi ini memfokuskan pada tindakan sosial untuk memperoleh penyembuhan oleh orang tua pada anak penderita kanker darah di RSU Dr. Soetomo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan makna subyektif penyakit kanker bagi orang tua penderita kanker, proses tindakan sosial yang diambil oleh orang tua penderita kanker, serta tindakan yang diambil. Paradigma penelitian menggunakan definisi sosial dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah Verstehen realitas subyektif, teori aksi, dan tindakan sosial Weber. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang menjalani pengobatan di RSU Dr.Soetomo. Teknik pengambilan subyek menggunakan purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawacara mendalam dengan instrumen pedoman wawancara. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah fenomena yang sama dapat diartikan berbeda-beda oleh masing masing orang. Proses tindakan sosial pengalaman, persepsi, penafsiran dan pemahaman proses tindakan ini berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu kondisi sosial dan ekonomi. Subyek yang yang memiliki kondisi sosial dan ekonomi yang tinggi memahami kanker sebagai penyakit yang harus segera diobati dengan medis tanpa keraguan. Tindakan sosial dilakukan oleh subyek dari kelas sosial yang kelas bawah lebih banyak dan bervariasi dibandingkan dengan kelas sosial yang lebih tinggi yang bertumpu pada pengobatan medis. Kritik dari teori Weber bahwa tindakan sosial tidak kaku namun dapat dilakukan secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.28/16
Uncontrolled Keywords: Kanker Darah, Tindakan Sosial, Pengobatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
TITIN NURJANAH, 071211431107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBenny Soembodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 07 Jun 2016 07:40
Last Modified: 07 Jun 2016 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32953
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item