IMPLEMENTASI DIAMOND STRATEGY PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH EKONOMI KREATIF SUBSEKTOR FASHION PRODUK DAUR ULANG DI SURABAYA

VANIA SANTOSO, 041012392 (2014) IMPLEMENTASI DIAMOND STRATEGY PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH EKONOMI KREATIF SUBSEKTOR FASHION PRODUK DAUR ULANG DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-santosovan-33478-5.abstr-k.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
180.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hasil Survei Industri Mikro dan Kecil 2011 menyatakan bahwa lebih dari 50% pembentukan Growth Domestic Product didominasi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM), termasuk sektor ekonomi kreatif. Indonesia memiliki 14 subsektor ekonomi kreatif, di mana bidang fashion telah menjadi subsektor yang menghasilkan nilai tambah hingga 44,3% dari total kontribusi sektor ekonomi kreatif, dengan penyerapan tenaga kerja 54,3% yang tersalurkan melalui jumlah usaha sebesar 51,7%. Namun sayang mayoritas UKM yang berdampak positif pada pembangunan ekonomi ini ternyata masih menghadapi beberapa masalah dalam pelaksanaan bisnis karena minimnya perancangan strategi bisnis yang terstruktur. Hambrick dan Fredericksen pada tahun 2005 telah memperkenalkan kerangka Diamond Strategy yang memberikan lima pokok pertanyaan dasar untuk menetapkan strategi bisnis, khususnya perusahaan besar. Padahal, strukturisasi strategi bisnis berdasarkan panduan pertanyaan tersebut sebenarnya juga dapat menuntun UKM. Oleh sebab itu penelitian ini membahas rancangan strategi bisnis yang komprehensif bagi UKM ekonomi kreatif subsektor fashion melalui Diamond Strategy. Fokus penelitian dibatasi pada green jobs manajemen sampah, mengingat isu lingkungan di Indonesia kian berkembang. Metode yang digunakan adalah content analysis yang didukung uji trusworthiness dengan konsep looking backward melalui wawancara pada lima UKM di bidang fashion serta looking forward melalui analisis strategik dan benchmarking bagi UKM Startic, yaitu UKM yang menghasilkan produk daur ulang fashionable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM yang telah sukses berkembang pada umumnya telah mengalami berbagai perubahan strategi bisnis yang mencakup aspek-aspek Diamond Strategy, meski belum dipetakan secara terstruktur. Oleh sebab itu, Diamond Strategy dapat dijadikan kerangka strategi bisnis yang holistik bagi UKM-UKM, khususnya produk daur ulang agar dapat merancang aktivitas bisnis yang strategis dan berkelanjutan untuk bersaing tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 231/14 San i
Uncontrolled Keywords: CREATIVE ECONOMY; DIAMOND STRATEGY; SMALL BUSINESS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VANIA SANTOSO, 041012392UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 16 Oct 2014 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3298
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item