PENGELOLAAN PERMINTAAN PERUBAHAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 STUDI KASUS DI PT. OMETRACO ARYA SAMANTA

RINDU PUSPITA WIBAWA, 081116005 (2016) PENGELOLAAN PERMINTAAN PERUBAHAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 STUDI KASUS DI PT. OMETRACO ARYA SAMANTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada tahun 2012 perusahaan konstruksi baja mulai menerapkan aplikasi ERP untuk mendukung proses bisnis perusahaan. Aplikasi ERP memiliki beberapa fitur, salah satunya adalah fitur helpdesk. Fitur helpdesk digunakan untuk mengajukan permintaan perubahan teknologi informasi (TI). Permintaan perubahan TI sudah sering dilakukan oleh user selama ini, namun sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran sejauh mana pencapaian pengelolaan permintaan perubahan TI di perusahaan konstruksi baja. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang pengukuran proses pengelolaan permintaan perubahan TI. Kemudian akan disusun suatu rancangan saran dan tindakan perbaikan sehingga diperoleh panduan yang tepat dalam melakukan perbaikan terkait pengelolaan permintaan perubahan TI. Proses pengukuran teknologi informasi dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah survey dan wawancara. Tahap kedua menentukan responden sesuai dengan pemetaan RACI chart. Tahap ketiga yaitu pembuatan kuesioner dan penyebaran kuesioner. Tahap selanjutnya adalah analisis hasil jawaban kuesioner sampai menemukan sebuah kesimpulan dan saran. Tahap terakhir adalah perancangan saran dan solusi perbaikan atas permasalahan dalam pelaksanaan proses pengelolaan permintaan perubahan TI berdasarkan hasil analisis jawaban kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa tingkat kesadaran perusahaan konstruksi baja pada proses pengelolaan permintaan perubahan TI berada pada katagori tinggi dengan nilai kinerja 1,45, sedangkan pencapaian level kapabilitas saat ini berada pada level 2-work product management dan untuk kondisi yang di inginkan berada pada level 4-process control. Usulan tindakan perbaikan akan dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap pertama adalah pencapaian kapabilitas level 2, tahap kedua adalah pencapaian kapabilitas level 3, dan tahap ketiga adalah pencapaian leve

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.20/16 Wib p
Uncontrolled Keywords: COBIT 5, Pengelolaan Permintaan Perubahan TI, BAI06.01, DSS02.03, DSS03.03, DSS03.05, DSS04.08, DSS06.01
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
RINDU PUSPITA WIBAWA, 081116005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEva Hariyanti, S.Si, MTUNSPECIFIED
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 10 Jun 2016 00:25
Last Modified: 10 Jun 2016 00:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item