PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN

ALDO HERLAMBANG, 041211233151 (2016) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTARA PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor-faktor struktur kepemilikan (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan public), serta variabel kontrol (firm size dan debt to asset ratio) terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian dari tahun 2010 hingga tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah purposive sampling dengan batasanbatasan atau tujuan yang diharapkan dalam penelitian. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 22 perusahaan.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepemilikan public memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Hal ini dapat diartaikan bahwa kepemilikan public lebih menyukai pembagian dividen. Apabila perusahaan dapat membagikan dividen setiap tahunnya, maka perusahaan dapat dikatakan memiliki kinerja yang baik sehingga hal ini merupakan sinyal positif bagi kepemilikan saham oleh public. Dengan adanya sinyal baik tersebut, maka public akan membeli saham perusahaan tersebut sehingga harga saham perusahaan akan mengalami kenaikan. Kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, dapat diartikan bahwa pihak institusi dan manajer yang memiliki saham di perusahaan manufaktur yang go publik tidak memerlukan informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan karena keduanya merupakan bagian dari perusahaan sehingga pihak institusi dan manajer lebih menyukai capital gain karena pendapatan yang diterima digunakan untuk membiayai investasi. Ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen, dapat diartikan bahwa perusahaan yang memiliki ukuran besar akan membayarkan dividen lebih besar, hal ini dikarenakan laba yang diperoleh perusahaan digunakan untuk membayar dividen. Dan sebaliknya, perusahaan yang memiliki ukuran kecil cenderung jarang atau jumlah dividen yang dibayarkan rendah karena laba yang diperoleh digunakan untuk investasi. Debt to asset ratio sebagai variabel kontrol berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen, dapat diartikan bahwa dalam membayar hutang, perusahaan lebih menyukai dana internal sehingga dividen yang dibayarkan relatif lebih kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.176/16 Her p
Uncontrolled Keywords: kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan public, ukuran perusahaan, debt to asset ratio dan kebijakan dividen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ALDO HERLAMBANG, 041211233151UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Maemunah Soeharto, Prof. Dr. Hj. , SEUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:11
Last Modified: 16 Jun 2016 02:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item