PEMODELAN INDEKS HARGA KONSUMEN DI SURABAYA, MALANG DAN KEDIRI DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED SPACE TIME AUTOREGRESSIVE

MAHENDA ABDILLAH KAMIL, 081211833012 (2016) PEMODELAN INDEKS HARGA KONSUMEN DI SURABAYA, MALANG DAN KEDIRI DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED SPACE TIME AUTOREGRESSIVE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
ST. S. 37-16 Kam p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indeks harga konsumen (IHK) adalah suatu indeks yang menghitung rata‐rata perubahan harga dalam suatu periode, dari suatu kumpulan barang dan jasa yang dikonsumsi oleh penduduk/rumah tangga dalam kurun waktu tertentu. Salah satu metode statistika yang dapat digunakan untuk meramalkan indeks harga konsumen adalah model Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR) yang merupakan pengembangan dari model Space Time Autoregressive (STAR) dengan parameter-parameter yang tidak harus sama untuk dependensi waktu maupun lokasi. Tujuan dalam skripsi ini adalah mengestimasi model Generalized Space Time Autoregressive indeks harga konsumen di Surabaya, Malang dan Kediri serta melakukan analisis hasil peramalan dari model terbaik yang diperoleh pada indeks harga konsumen periode berikutnya. Data terbagi menjadi dua, yaitu data in sample dan data out sample. Data in sample digunakan untuk melakukan estimasi model GSTAR (p1) pada data IHK bulan Juni tahun 2008 hingga bulan Desember tahun 2013 sebanyak 67 data IHK dan data out sample digunakan untuk melakukan validasi model GSTAR (21) pada data IHK bulan Maret tahun 2014 hingga bulan Desember tahun 2015 sebanyak 22 data IHK. Hasil estimasi model GSTAR (21) memberikan hasil bahwa model terbaik di Surabaya, Malang dan Kediri menggunakan pembobot invers jarak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai RMSE di Surabaya, Malang dan kediri secara berturut-turut sebesar 2,271379; 3,290273; 2,141305. Selain itu, diperoleh bahwa hasil prediksi indeks harga konsumen pada bulan Januari hingga bulan Desember tahun 2016 mengalami fluktuasi pada kuartal pertama dilanjutkan peningkatan IHK secara periodik hingga akhir tahun 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. S. 37/16 Kam p
Uncontrolled Keywords: Indeks Harga Konsumen, Space Time, Generalized Space Time Autoregressive
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2351 Inflation and taxation
Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsEmail
MAHENDA ABDILLAH KAMIL, 081211833012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Sediono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
ContributorElly Ana, Ir. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Jun 2016 06:01
Last Modified: 21 Jun 2016 06:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item