PT KIMIA FARMA WATUDAKON JOMBANG: PRODUKSI YODIUM DALAM UPAYA PENANGGULANGAN GAKY TAHUN 1970-1990

MAISYATUL HANIK, 121211431061 (2016) PT KIMIA FARMA WATUDAKON JOMBANG: PRODUKSI YODIUM DALAM UPAYA PENANGGULANGAN GAKY TAHUN 1970-1990. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8.ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS.SEJ.12-16 Han p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kebijakan PT Kimia Farma Watudakon meningkatkan produksi yodium untuk mendukung pemerintah menanggulangi GAKY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yang meliputi lima tahap yaitu pemilihan tema, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Data-data yang digunakan terdiri dari berbagai arsip perusahaan, terutama yang terkait dengan kerjasama dengan Jepang dalam proyek yodium, arsip pemerintah tentang kebijakan penanggulangan GAKY, hasil penelitian, dan surat kabar. Sumber lain yang digunakan adalah wawancara, khususnya untuk melihat dampak aktivitas pabrik dalam meningkatan produksi yodium terhadap masyarakat sekitar. Sebagai produsen yodium satu-satunya di Indonesia, PT Kimia Farma Watudakon berupaya meningkatkan produksi yodium untuk mendukung program penanggulangan GAKY. Atas dukungan pemerintah orde baru, PT Kimia Farma Watudakon dapat melakukan kerjasama dengan Jepang atas proyek yodium. Demikian diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam menanggulangi GAKY. Program penanggulangan GAKY dilaksanakan secara intensif, yaitu melalui program jangka panjang (yodisasi garam) dan jangka pendek (suntikan lipiodol). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produksi yodium berdampak pada kelancaran pelaksanan program penanggulangan GAKY. Namun upaya peningkatan produksi yodium juga berdampak pada kondisi lingkungan daerah sekitar pabrik akibat aktivitas pertambangan mineral yodium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.SEJ.12/16 Han p
Uncontrolled Keywords: PT Kimia Farma Watudakon, GAKY, Penanggulangan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA648.5-767 Epidemics. Epidemiology. Quarantine. Disinfection
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MAISYATUL HANIK, 121211431061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEdy Budi Santoso, S.S., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 21 Jun 2016 06:06
Last Modified: 21 Jun 2016 06:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item