SISTEM INFORMASI PENILAIAN AKADEMIK BERBASIS WEB SMP NEGERI 2 LAMONGAN

MUHAMMAD YAN HANDITA, 081210113033 (2016) SISTEM INFORMASI PENILAIAN AKADEMIK BERBASIS WEB SMP NEGERI 2 LAMONGAN. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FV. SI. 12-16 Han s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di SMP Negeri 2 Lamongan terdapat proses penilaian akademik. Diperlukan sebuah sistem informasi pengolahan data dan penyampaian laporan mengenai penilaian akademik siswa secara optimal, untuk menunjang kinerja dari sekolah sendiri. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Penilaian Akademik Berbasis Web yang meliputi proses penilaian kognitif, proses penilaian keterampilan, proses penilaian sikap, proses penilaian ekstrakurikuler, proses penentuan kenaikan kelas berdasarkan nilai siswa, proses pembuatan laporan nilai akhir siswa, rapor siswa, laporan peringkat siswa berdasarkan nilai, dan laporan penunjang penentuan kenaikan kelas berdasarkan nilai siswa. Dalam membuat Sistem Informasi Penilaian Akademik SMP Negeri 2 Lamongan, proses yang dilakukan adalah melakukan survey untuk mengetahui permasalahan pada proses penilaian akademik saat ini. Dilanjutkan dengan menganalisa kebutuhan yang berkaitan dengan beberapa proses di atas. Kemudian membuat desain proses yang digambarkan dengan Hierarchy Chart. Dilanjutkan dengan mendesain database, proses yang dilakukan adalah membuat Conceptual Data Model (CDM) menghasilkan 29 entitas kemudian di-generate ke Physical Data Model (PDM) menghasilkan 29 tabel. Dari PDM kemudian diimplementasikan ke DBMS. Kemudian dilanjutkan dengan membuat Data Flow Diagram (DFD) yang menghasilkan 29 data store. Berdasarkan desain sistem tersebut kemudian dilanjutkan dengan membuat desain form input dan output. Dilanjutkan dengan membuat desain bagan alir, serta mengimplementasikan desain input dan output sistem yang telah didesain ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem yang dimulai dari proses penilaian kognitif, proses penilaian keterampilan, proses penilaian sikap, proses penilaian ekstrakurikuler, proses penentuan kenaikan kelas berdasarkan nilai siswa, dan proses pembuatan laporan. Berdasarkan hasil uji coba sistem, Sistem Informasi Penilaian Akademik yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan pada proses penilaian akademik di SMP Negeri 2 Lamongan yaitu dapat mempermudah untuk menangani proses penilaian akademik, penilaian keterampilan, penilaian sikap, penilaian ekstrakurikuler, penunjang penentuan kenaikan kelas berdasarkan nilai siswa, dan dapat menampilkan laporan nilai akademik siswa dengan tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV. SI. 12/16 Han s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Penilaian Kognitif, Penilaian Keterampilan, Penilaian Sikap, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2361-2365 Curriculum
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD YAN HANDITA, 081210113033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDyah Herawatie, Ir. , M.SiUNSPECIFIED
ContributorIndah Werdiningsih, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:44
Last Modified: 22 Jun 2016 02:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item