SISTEM INFORMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BERSALIN BUAH DELIMA SIDOARJO

KURNIAWAN YUSWARDHANI, 081210113008 (2016) SISTEM INFORMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BERSALIN BUAH DELIMA SIDOARJO. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FV. SI. 15-16 Yus s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah sistem informasi yang dapat menangani proses rawat jalan pasien di Rumah Sakit Bersalin Buah Delima, sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dan hilangnya data. Sistem ini menangani 5 proses utama yaitu, proses registrasi pasien baru dan pasien lama, proses rekam medis pasien, proses pembuatan surat rujukan pasien, proses pembuatan resep obat, proses cetak laporan pasien. Pembangunan Sistem Informasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bersalin Buah Delima Sidoarjo membutuhkan beberapa tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menggambarkan sistem saat ini dengan menggunakan Documet Flow Diagram (Docflow). Tahap ketiga adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan menggunakan diagram fishbone. Tahap keempat adalah mendesain database dan desain proses. Desain database dibuat dengan menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 16 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 16 tabel. Dari PDM kemudian diimplementasikan ke DBMS, sedangkan desain proses digambarkan menggunakan Hierarchy Chart dan Data Flow Diagram (DFD) yang terdiri 4 entitas luar, 6 proses bisnis didalamnya dan 16 data store. Berdasarkan desain tersebut dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap kelima adalah mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web Sistem Informasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bersalin Buah Deliama Sidoarjo ini diharapkan dapat menghasilkan suatu sistem yang sesuai dengan proses rawat jalan yang dibutuhkan menangani beberapa proses bisnis secara efisien dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV. SI. 15/16 Yus s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Rumah Sakit Bersalin Buah Delima Sidoarjo, Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
KURNIAWAN YUSWARDHANI, 081210113008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRini Semiati, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEva Hariyati, S.Si, MTUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:05
Last Modified: 22 Jun 2016 03:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33204
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item