PEMERTAHANAN BAHASA MADURA OLEH KELOMPOK PEDAGANG ETNIS MADURA DI PASAR PABEAN SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

NISA OCTAVIA, 121211131210 (2016) PEMERTAHANAN BAHASA MADURA OLEH KELOMPOK PEDAGANG ETNIS MADURA DI PASAR PABEAN SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9 Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS.BI.21-16 Oct p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemertahanan Bahasa Madura oleh Kelompok Pedagang Etnis Madura di Pasar Pabean Surabaya: Kajian Sosiolinguistik” ini memiliki tujuan (1) mendeskripsikan bentuk pemertahanan bahasa Madura oleh kelompok pedagang etnis Madura di Pasar Pabean Surabaya (2) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung terjadinya pemertahanan bahasa Madura di Pasar Pabean Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data meliputi metode simak, catat, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan di Pasar Pabean Surabaya ini menunjukkan bahwa telah terjadi pemertahanan bahasa Madura pada kelompok pedagang etnis Madura di pasar tersebut, baik saat dalam situasi perdagangan maupun di luar situasi perdagangan. Penggunaan bahasa Madura ragam kasar dan tengah lebih sering terjadi dalam setiap interaksi. Besarnya pemertahanan bahasa Madura dapat terjadi karena kelompok pedagang etnis Madura lebih sering menggunakan bahasa Madura saat berinteraksi dengan warga pasar, baik sesama etnis Madura maupun non-Madura. Pemertahanan bahasa Madura di Pasar Pabean Surabaya memiliki faktor-faktor pendukung meliputi kebanggan dengan budaya asal, adanya sikap toleransi dari warga pasar non-Madura, banyaknya jumlah pemakai bahasa Madura di Pasar Pabean Surabaya, keakraban antara kelompok pedagang etnis Madura dan warga pasar, dan bahasa Madura lebih disukai dalam interaksi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.21/16 Oct p
Uncontrolled Keywords: Pemertahanan Bahasa, Bahasa Madura, Kelompok Pedagang Etnis Madura, Sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NISA OCTAVIA, 121211131210UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEddy Sugiri, Drs. H. , M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 22 Jun 2016 05:43
Last Modified: 22 Jun 2016 05:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item