WAYANG TIMPLONG LAKON SEKARTAJI KEMBAR DALAM TRADISI NYADRAN DESA SUKOREJO KABUPATEN NGANJUK: SEBUAH ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PENDUKUNGNYA

LIA PURWANINGSIH, 121211131237 (2016) WAYANG TIMPLONG LAKON SEKARTAJI KEMBAR DALAM TRADISI NYADRAN DESA SUKOREJO KABUPATEN NGANJUK: SEBUAH ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PENDUKUNGNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS.BI.28-16 Pur w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama mendokumentasikan wayang timplong lakon Sekartaji Kembar dalam tradisi nyadran Desa Sukorejo Kabupaten Nganjuk, Kedua mengungkapkan struktur cerita lakon Sekartaji Kembar dalam pertunjukan wayang timplong, Ketiga mengungkapkan fungsi tradisi nyadran dan wayang timplong bagi masyarakat pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah folklor. Teknik pengumpulan data terdiri dari, Pertama tahap pra penelitian di tempat. Kedua, penelitian di tempat. Ketiga, cara pembuatan naskah folklor bagi pendokumentasian, meliputi transkripsi kedalam bentuk tulis, kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Analisis Data tersebut menggunakan dengan metode deskriptif analitik dan etnografi. Penelitian ini menggunakan teori struktural untuk mengungkap unsurunsur pembangun dalam cerita lakon Sekartaji Kembar yang terdiri dari tokoh dan penokohan, alur, latar, tema, dan amanat. Selain itu diungkapkan unsur-unsur lain yang ditambahkan dalam cerita Sekartaji Kembar. Pertama sifat, bentuk, dan susunan cerita Sekartaji Kembar. Kedua, bahasa cerita Sekartaji Kembar. Ketiga, sistem formula. Keempat, unsur-unsur yang ditambahkan pada garis besar cerita. Berdasarkan analisis struktural dapat diketahui alur cerita Sekartaji Kembar yang dibentuk oleh peristiwa dan kejadian. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, dokumentasi wayang timplong lakon Sekartaji Kembar. Kedua, analisis struktural meliputi, sinopsis cerita Sekartaji Kembar dan unsur-unsur intrinsik. Ketiga, fungsi tradisi nyadran dan fungsi pertunjukan wayang timplong bagi masyarakat pendukungnya. Pertunjukan wayang timplong lakon Sekartaji Kembar selain digelar dalam acara nyadran, juga digunakan dalam acara khitanan maupun pernikahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.28/16 Pur w
Uncontrolled Keywords: nyadran, wayang timplong, Nganjuk, Sekartaji Kembar, struktural, fungsi
Subjects: P Language and Literature > PA Classical philology > PA3000-3049 Classical literature,
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
LIA PURWANINGSIH, 121211131237UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisna Kumala Satya Dewi, Dr. , M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 23 Jun 2016 00:40
Last Modified: 23 Jun 2016 00:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33227
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item