PENGEMBANGAN MODEL PERENCANAAN STRATEGIS PADA PLKB DI LINGKUNGAN ORGANISASI PEMBELAJAR DALAM PENINGKATAN BERPIKIR SISTEM

DWI LISTYAWARDANI, 091070851 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERENCANAAN STRATEGIS PADA PLKB DI LINGKUNGAN ORGANISASI PEMBELAJAR DALAM PENINGKATAN BERPIKIR SISTEM. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
10. ABSTRAK.pdf.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
DIS.IK.14-16 War p.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Kemampuan berpikir sistem diperlukan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) sebagai penggerak program KB, termasuk pelayanan KB pasca persalinan mengingat semakin kompleksnya persoalan lingkungan eksternal yang berubah. Peningkatan kemampuan berpikir sistem merupakan upaya pengembangan pembelajaran para petugas baik di tingkat individu, kelompok, dan organisasi. Metode. Penelitian dalam 2 tahapan. Tahap I, menggunakan rancangan survei bertujuan melihat gambaran awal kemampuan berpikir sistem dan lingkungan pembelajaran, baik tingkat individu, kelompok maupun organisasi pada populasi PLKB di Jawa Timur. Sampel sejumlah 30 responden mewakili PLKB yang sedang mengikuti pelatihan reguler. Hasil survei didukung telaah literatur dan justifikasi melalui FGD pada narasumber kompeten digunakan untuk menetapkan model intervensi. Tahap II, uji coba model dengan rancangan percobaan semu pada 60 orang PLKB yang dibagi dalam 2 wilayah yaitu di Kabupaten Bojonegoro (perlakuan) dan Gresik (kontrol). Hasil Penelitian. Menunjukkan (1) Terjadi peningkatan kemampuan berpikir sistem pada PLKB setelah dilakukan intervensi model perencanaan strategis di lingkungan organisasi pembelajar (p 0.024; t-2,374) (2) Terjadi perbedaan kemampuan berpikir sistem pada PLKB setelah dilakukan intervensi model perencanaan strategis di lingkungan organisasi pembelajar di wilayah intervensi dan wilayah kontrol (p.0.00; t-2.868) (3) Terjadi perbedaan kemampuan PLKB dalam menyusun perencanaan strategis di wilayah intervensi dan kontrol (sig < p.001). Temuan baru. Pengembangan model perencanaan strategis dalam lingkungan organisasi pembelajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem PLKB dalam upaya peningkatan pelayanan KB pasca persalinan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS.IK.14/16 War p
Uncontrolled Keywords: Lingkungan pembelajaran, Kemampuan Berpikir Sistem, PLKB Model Perencanaan Strategis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
DWI LISTYAWARDANI, 091070851UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryono Suyono, Prof. ,M.A.Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorKuntoro, Prof. H. , dr. MPH., Dr PHUNSPECIFIED
Thesis advisorSunarjo, Dr.dr.,M.S.,MScUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 23 Jun 2016 05:45
Last Modified: 23 Jun 2016 05:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33237
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item