MODEL KEPERAWATAN ROLE ATTAINMENT IBU BEKERJA DENGAN PENDEKATAN SELF EFFICACY DALAM KOMPETENSI STIMULASI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAYI

RIRIN PROBOWATI, 101217087322 (2016) MODEL KEPERAWATAN ROLE ATTAINMENT IBU BEKERJA DENGAN PENDEKATAN SELF EFFICACY DALAM KOMPETENSI STIMULASI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAYI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9 ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
DIS.IK.15-16 Pro m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

INTRODUKSI : Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada ibu bekerja dapat mengalami penyimpangan disebabkan karena kurangnya kemampuan kompetensi stimulasi pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan penelitian menyusun model role attainment dengan pendekatan self efficacy ibu bekerja dalam kompetesi stimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi METODE : Desain eksplanasi dengan populasi ibu bekerja dengan bayi berumur 0-3 bulan di Kabupaten Jombang 2015. Besar sampel 202 dengan teknik multi stage sampling. Variabel penelitian faktor ayah, faktor bayi, faktor ibu, Self efficacy ibu, Role attainment dalam kompetensi cara menyusu, cara memerah ASI, cara pijat oksitosin, cara stimulasi pertumbuhan dan perkembangan dengan kuesioner dan chek list. Pengujian dengan PLS. Tahap kedua quasi eksperimen. Populasi ibu bekerja yang melahirkan di BPM sejumlah 20 ibu dengan t-Test. HASIL DAN ANALISIS : faktor ayah, ibu, bayi berpengaruh terhadap self efficacy dan role attainment ibu bekerja. Semua variabel significant dengan nilai t= > 1.96. Uji t- test menunjukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan self efficacy antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Temuan baru adalah meningkatnya role attainment dalam kompetensi stimulasi pertumbuhan dan perkembangan lebih kuat melalui self efficacy dengan keterlibatan dan penilaian kemampuan kompetensi secara langsung pada ibu bekerja dari pada langsung ke role attainment. KESIMPULAN : Keterlibatan dan penilaian kemampuan kompetensi pada ibu bekerja secara langsung dengan cara verbal persuasion yaitu mempengaruhi seseorang secara verbal melalui pendidikan yang diberikan dengan pedoman sebuah modul untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan, kemampuan tersebut merupakan suatu dorongan bagi ibu untuk melakukan stimulasi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS.IK.15/16 Pro m
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, Ibu bekerja, Role attainment, Kompentensi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIRIN PROBOWATI, 101217087322UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNursalam, Prof. Dr.,M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
ContributorHari Basuki Notobroto, Dr. ,dr.M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 23 Jun 2016 05:50
Last Modified: 23 Jun 2016 05:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item