DAMPAK CONTAGION DAN COMPETITIVE INTRA INDUSTRI PERBANKAN ATAS PENGUMUMAN KEBANGKRUTAN DI BURSA EFEK JAKARTA

Daya Ediarti, 049916459 (2006) DAMPAK CONTAGION DAN COMPETITIVE INTRA INDUSTRI PERBANKAN ATAS PENGUMUMAN KEBANGKRUTAN DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ediartiday-989-b_53_06.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-ediartiday-989-b_53_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu event yang menyebabkan harga saham berfluktuasi di pasar adalah pengumuman kebangkrutan. Fluktuasi harga saham pada satu industri berkaitan erat dengan transfer informasi antar perusahaan yang berada dalam satu industri. Pengumuman kebangkrutan dilakukan pada pasar modal dalam bentuk setengah kuat, sehingga tidak terjadi kecepatan penyesuaian dari harga non-announcing firm. Jika perusahaan sejenis tersebut mendapatkan abnormal return, maka terjadi transfer informasi atas pengumuman kebangkrutan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat ada atau tidaknva transfer informasi yang ditunjukkan oleh terjadinya abnormal return disekitar tanggal pengumuman. Penelitian ini juga bermaksud meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi abnormal return perusahaan sejenis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya dampak contagion dan competitive yang ditunjukkan oleh adanya abnormal return saham perusahaan sejenis di sekitar pengumuman kebangkrutan dan untuk mengetahui pengaruh leverage, degree of competition dan return correlation terhadap abnormal return. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study untuk menguji hipotesis pertama. Selain itu menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hiotesis kedua. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan dengan saham–saham perusahaan dari seluruh industri yang terdaftar di BEJ antara tahun 1999-2004. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dengan kriteria yang ditentukan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 10. Alat uji yang digunakan dalam penelitian in adalah analisis statistik dan regresi liner berganda. Terdapat transfer informasi dari perusahaan yang melakukan pengumuman kebangkrutan terhadap perusahaan yang tidak melakukan pengumuman kebangkrutan dengan indikator terjadinya pendekatan abnormal saham. Terjadi efek positif atau contagion effect atas pengumuman kebangkrutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa abnormal return saham yang diperoleh perusahaan-perusahaan sejenis yang tidak melakukan pengumuman kebangkrutan yang terjadi disekitar tanggal pengumuman kebangkrutan suatu perusahaan dipengaruhi secara signifikan oleh variabel leverage dan degree of competition, sedangkan return correlation mempengaruhi abnormal return saham namun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.53/06 Edi d
Uncontrolled Keywords: BANKRUPTCY; BANK AND BANKING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1656 Bank reserves. Bank liquidity. Loan loss reserves
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Daya Ediarti, 049916459UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWINDIJARTO, Drs. Ec., MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 25 Apr 2006 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/333
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item