PERSEPSI MANAJEMEN DAN ANGGOTA JEMAAT TERHADAP PRAKTIK AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI KEUANGAN DALAM LEMBAGA GEREJA KRISTEN

JEANY RIBKA, 041314253028 (2015) PERSEPSI MANAJEMEN DAN ANGGOTA JEMAAT TERHADAP PRAKTIK AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI KEUANGAN DALAM LEMBAGA GEREJA KRISTEN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-ribkajeany-38151-6.abstr-k.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kasus mengenai penggelapan dana Gereja menimbulkan pertanyaan akan praktik akuntabilitas dan transparansi keuangan dalam Gereja. Selain itu, selama ini Gereja dianggap memiliki “Budaya Kerahasiaan” terkait keuangannya. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami persepsi manajemen Gereja dan umat atau anggota jemaat tentang praktik akuntabilitas dan transparansi keuangan dalam Lembaga Gereja Kristen (Studi Kasus pada Sinode Wilayah Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Timur dan Badan Pekerja Daerah Surabaya Kota Gereja Bethel Indonesia). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, karena bertujuan menggali informasi, memahami pendapat informan, menganalisis, dan memberi usulan pemikiran berbagai hal terkait dengan praktik akuntabilitas dan transparansi keuangan di Gereja. Informan penelitian adalah Manajemen Gereja dan umat atau anggota jemaat. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian mengelompokkan data menjadi beberapa tema yang terdiri dari akuntabilitas dan transparansi dalam perspektif kristen, sumber dana, praktik akuntabilitas dan transparansi pada tingkatan organisasi dan persepsi manajemen dan anggota jemaat terhadap praktik akuntabilitas dan transparansi keuangan. Kemudian mencari keterkaitan antar tema dan diberikan kode (coding) untuk melihat kesamaan pola temuan. Tahap akhir pengintepretasian atas temuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur organisasi atau pola kepemimpinan dalam Gereja memengaruhi praktik akuntabilitas dan transparansi keuangan dalam Gereja. Persepsi Anggota jemaat merasa puas terhadap praktik akuntabilitas dan transparansi keuangan yang di laksanakan oleh Manajemen Gereja, begitu pula Manajemen Gereja yang telah mengelola keuangan secara akuntabel dan transparan khususnya pada anggota jemaat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA. 26-15 Rib p
Uncontrolled Keywords: Accountability, Transparency, Financial Reporting, Church Leadership Pattern.s
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
JEANY RIBKA, 041314253028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDebby Ratna DanIel, I)r. rer pol , SE, Ah, CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 26 Oct 2016 16:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item