PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP JOB PERFORMANCE DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT dan JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KARYAWAN PT. APP)

ANTIKA AYU NURVIAN, 041214153013 (2015) PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP JOB PERFORMANCE DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT dan JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KARYAWAN PT. APP). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-nurvianant-38715-6.abstr-k.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
32.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan yang dinamis, tingkat persaingan yang tinggi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat menuntut organisasi untuk produktif , efektif dan efisien. Strategi yang dapat digunakan adalah adanya organizational learning. Dengan persespsi organizational learning dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh organizational learning terhadap job performance karyawan dengan organizational commitment dan job satisfaction sebagai variabel mediasi. Adapun objek penelitian yang dipilih dalam studi ini adalah PT. APP Madiun. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang diisi secara mandiri terhadap 40 responden dengan menggunakan metode sensus. Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen diuji menggunakan analisis PLS, Pengukuran organizational learning terdiri dari lima dimensi : experimentation, risk taking, interaction with the external environment, dialogue dan participative decision making diadopsi dari Chiva et al(2007). Pengukuran organizational commitment menggunakan Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) yang diadopsi dari Mowday et al(1979). Pengukuran job satisfaction menggunakan Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) yang diadopsi dari Weill, Dawis, England, and Lofquist (1967). Sedangkan pengukuran job performance menggunakan indikator dari Tsui, Anne S., Jone L., Pearce dan Lyman W. Porter (1997). Berdasarkan dari hasil analisis Partial Least Square (PLS) menunjukkan bahwa organizational learning mempunyai pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap job performance. Hasil dari penelitian ini membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa: (1) organizational learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap job performance, (2) organizational commitment positif dan signifikan memediasi pengaruh organizational learning terhadap job perfromance, serta (3) job satisfaction positif dan signifikan memediasi pengaruh organizational learning terhadap job perfromance

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 33-15 Nur p
Uncontrolled Keywords: organizational learning, job performance, organizational commitment, job satisfaction.s
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANTIKA AYU NURVIAN, 041214153013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj. Siti Sulasmi, Prof. Dr., Psi., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 00:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item