Dampak Pnpm Generasi Terhadap Status Kesehatan Dan Pendidikan Di Kabupaten Nganjuk (Data 2005 – 2014)

Wawan Setiawan (2015) Dampak Pnpm Generasi Terhadap Status Kesehatan Dan Pendidikan Di Kabupaten Nganjuk (Data 2005 – 2014). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (783kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (732kB)
[img] Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (953kB)
[img] Text (BAB 2)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. BAB IV HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. BAB V PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (694kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemiskinan merupakan tantangan yang dihadapi oleh semua negara di dunia, terutama negara-negara berkembang seperti Indonesia. sebuah standar pengukuran yang berintikan kesejahteraan, biasanya diukur dengan kerentanan seseorang dalam memenuhi kebutuhan minimum. Masalah kemiskinan di Indonesia masih harus dipecahkan karena hampir semua provinsi di Indonesia memiliki tingkat kemiskinan yang lebih besar dari 10 persen dari populasi. Studi ini yang dilaksanakan di Kabupaten Nganjuk, bertujuan untuk melihat dampak PNPM Generasi terhadap status kesehatan ibu dan anak dan pendidikan anak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuntitaif dengan membandingkan data derajat kesehatan dan indikator pendidikan dari tahun 2005-2014. Studi menemukan peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan pelayanan KIA dan pendidikan dasar. Kontribusi PNPM Generasi terhadap ketersediaan pelayanan adalah melalui pembangunan fasililitas fisik atau penunjang KIA dan pendidikan dasar serta insentif bagi penyedia layanan, sedangkan terhadap peningkatan pemanfaatan pelayanan, peran PNPM Generasi terwujud melalui bantuan langsung tunai ke rumah tangga seperti dana melahirkan, dana transport ke posyandu/sekolah, dan bantuan non tunai untuk perlengkapan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode before and after comparisons, di mana dampak program PNPM Generasi dilihat dari hasil perbandingan kondisi kesehatan dan pendidikan sebelum dan setelah implementasi PNPM Generasi (2005-2014). Analisis data sebagian besar merupakan analisis komparatif menggunakan statistik deskriptif. Selain itu, untuk memperkaya dan mempertajam analisis, digunakan pula analisis menggunakan grafik dan poligon bagi tiap indikator di tiap tujuan. Berdasarkan penyajian angka, terdapat 19 Dampak Positif dan 9 Negatif, sehingga skor dampak adalah 19:28X100%=67.86 %, yang berarti bahwa PNPM Generasi memiliki dampak positif, meski belum maksimal. Manfaat PNPM Generasi perlu dioptimalkan melalui upaya pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas sumber-sumber dan infrastruktur desa berupa jalan, jembatan, listrik dan air bersih agar masyarakat lebih mudah mengakses pelayanan KIA dan pendidikan dasar, sehingga ketersediaan dan kualitas pelayanan KIA dan pendidikan dasar yang meliputi keberadaan bidan desa, ketersediaan obat di polindes, pendidikan guru dan status guru honor, dikarenakan kedua isu tersebut belum dapat disediakan melalui skema PNPM Generasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKP. 10/15 Set d
Uncontrolled Keywords: Studi Evaluasi, Derajat Kesehatan, Indikator Pendidikan, Kabupaten Nganjuk
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
L Education > L Education (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
Wawan SetiawanNIM071314353005
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorANTUN MARDIYANTANIDN0031106106
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 03 Feb 2020 10:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item