FUNGSI DAN PERAN CORPORATE COMMUNICATION DALAM UPAY A MENINGKA TKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi Kualitatif di PT. ZMG Indonesia)

EKA RINI WIDYA ASTUTI, 071148003 (2015) FUNGSI DAN PERAN CORPORATE COMMUNICATION DALAM UPAY A MENINGKA TKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi Kualitatif di PT. ZMG Indonesia). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-astutiekar-39137-6.abstr-.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi dari divisi corporate communication, yaitu untuk menjembatani masalah komunikasi tersebut. Apabila dikaitkan dengan model komunikasi Shannon dan Weaver, adalah bagaimana noise harus diantisipasi dan dihilangkan, untuk memperbaiki hubungan antara penerima dan pengirim pesan, sehingga pesan dari si pengirim dapat diterima sesuai dengan yang diinginkannya kepada si penerima pesan. divisi corporate communication, sebagai pihak yang mengirim pesan kepada khalayaknya, mereka hams mengirim pesan yang diinginkan perusahaan terhadap karyawan, misalnya visi misi perusahaan, maka pesan pesan yang diinginkan perusahaan seharusnya benar sampai dan diterima dengan baik oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan fungsi Corporate Communication dalam meningkatkan citra perusahaan PT. ZMG Indonesia. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif data dideskripsikan secara naratif berdasarkan informasi yang diperoleh dari pelaku subjek penelitian subjektif. Fungsi Corporate Communication di PT ZMG Indonesia sebagaijembatan komunikasi antara manajemen dengan karyawan, bisa dilihat, misalnya, saat menyosialisasikan penerapan Code of Business Principle (COBP) kepada karyawan. COBP ini merupakan program yang dikeluarkan oleh perusahaan mengenai prinsip kode etik berbisnis yang harus ditaati oleh semua karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Corporate Communication PT ZMG Indonesia telah menjalankan Fungsinya pada sejumlah kompetensi manajemen untuk bekerja dan bertahan sebaik mungkin. Divisi Corporate Communication PT ZMG Indonesia mempunyai fungsi sebagai alat komunikasi dua arah (timbal balik), dan mengatur arus pesan, demi meningkatkan citra positif. PT ZMG Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi yang melayani publik internal maupun eksternal. Oleh karena itu, divisi Corporate Communication di PT ZMG Indonesia berperan sebagai juru bicara yang mewakili perusahaan dalam memberi segala informasi yang ada. Sebagai faktor yang menjadi penghambat, diantaranya program Corporate Communication PT ZMG Indonesia adalah ketika ada isu misalnya bulan februari kami mau membuat gebrakan kemudian dibulan itu ada demo ya sudah kami akan undur, atau di batalkan. Mengenai faldor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kegiatan corporate comunications, kurangnya kemampuan dan kesadaran tim di dalam seksi untuk memberikan infromasi kepada atasan, tidak kompaknya tim dan tidak profesionalnya tim. Menyangkut faldor-faktor pendukung dan penghambat, memiliki SDM yang baik merupakan salah satu yang menjadi pendukung dalam meningkatkan citra perusahaan. Dan yang menjadi penghambat adalah kondisi dan situasi di lapangan dalam hal ini keadaan di perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.32/15 Ast f
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Public Relations, Corporate Communication dan Citra Perusahaans
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EKA RINI WIDYA ASTUTI, 071148003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHENRY SUBIAKTO, Dr.DrS.SH.M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 24 Oct 2016 23:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item