PENERBITAN SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK TERHUTANG PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DALAM WAKTU MASA PAJAK

TIFANI TRISTANDI, 031314253007 (2014) PENERBITAN SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK TERHUTANG PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DALAM WAKTU MASA PAJAK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-tristandit-39320-4.abstr-k.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu jenis pajak yang dikenal di Indonesia ialah Pajak Bumi dan Bangunan (selanjutnya disingkat PBB). PBB diberlakukan dalam sistem perpajakan di Indonesia karena adanya kemanfaatan yang dinikmati oleh pemilik/penguasa berupa bumi dan/atau bangunan. Sistem pemungutan PBB ialah Official assessment system, sebagaimana diatur dalam Pasal 11 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1985 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan. Surat yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk memberitahukan besarnya pajak terhutang kepada wajib pajak ialah Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (selanjutnya disingkat SPPT PBB). Wajib Pajak harus melakukan pembayaran pajaknya dalam batas waktu maksimal 6 (enam) bulan sejak tanggal penerimaan SPPT PBB. Apabila melebihi batas waktu pembayaran akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda. Implikasi dengan tidak terbitnya SPPT PBB dalam masa pajak ialah utang PBB tidak hapus serta tidak timbul sanksi administrasi berupa denda. Apabila penagihan utang PBB disertai dengan denda, maka mekanisme perlindungan hukum bagi wajib pajak ialah melalui upaya hukum di luar pengadilan dan/atau melalui pengadilan, untuk mengurangi atau menghapuskan denda administrasi. Sedangkan hapusnya utang PBB ditentukan pada saat pembayaran atau pelunasan SPPT PBB, kompensasi terhadap utang PBB, daluwarsa terhadap penagihan SPPT PBB dan penghapusan utang PBB.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.89/15 Tri p
Uncontrolled Keywords: Land and Building Tax, Indebted Land and Building Tax Notification and Legal Proceedings
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4113-4601 Property tax
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
TIFANI TRISTANDI, 031314253007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 20 Oct 2016 19:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item