PENGARUH PAPARAN KLORIN DI UDARA TERHADAP AKTIVITAS ENZIM GLUTHATIONE PEROXIDASE (GPx), MALONILDIALDEHYDE (MDA), DAN GANGGUAN PERNAFASAN PADA PEKERJA KOLAM RENANG DI SURABAYA

PRATIWI HERMIYANTI, 101314353002 (2015) PENGARUH PAPARAN KLORIN DI UDARA TERHADAP AKTIVITAS ENZIM GLUTHATIONE PEROXIDASE (GPx), MALONILDIALDEHYDE (MDA), DAN GANGGUAN PERNAFASAN PADA PEKERJA KOLAM RENANG DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-hermiyanti-39421-8.abstr-t.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Klorin dapat dilepaskan ke lingkungan dan dapat terhirup oleh pekerja yang bekerja di area kolam renang. Mekanisme pertahanan tubuh yang mengaktifkan Gluthatione Peroksidase (GPx) untuk menekan risiko klorin. Ketika enzim GPx adalah tidak mampu mengimbangi risiko klorin, Malonildialdehyde (MDA) akan dirilis. Itu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh paparan klorin terhadap GPx, MDA, dan gangguan pernapasan pekerja kolam renang. Metode penelitian ini adalah observasi analitik dengan studi cross sectional. Lokasi penelitian di kolam renang yang menggunakan klorin sebagai desinfektan. Mencicipi ukuran memiliki 24 orang yang diambil secara simple random sampling, 12 orang dari masing-masing operator desinfektan dan administrasi pekerja. Analisis data yang digunakan linear dan regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas GPx yang dipengaruhi oleh tingkat klorin di udara (P = 0,042) dan kebiasaan merokok (p = 0,013). Konsentrasi MDA yang dilakukan oleh tingkat klorin di udara (p = 0,000) dan usia (p = 0,049). Gangguan pernapasan yang dilakukan oleh klorin tingkat di udara (p = 0,039). Kesimpulan dari penelitian ini adalah paparan dari efek klorin aktivitas GPx dan konsentrasi MDA pekerja kolam renang. Selain itu, tingkat klorin di udara yang gangguan pernapasan yang terkena dampak. Saran dari penelitian ini adalah kolam renang manajer harus memantau tingkat klorin di udara dan air secara berkala di kolam renang. Dan untuk kolam renang pekerja harus melihat untuk angin arah ketika proses desinfeksi untuk mencegah gangguan pernafasan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKL 17-15 Her p
Uncontrolled Keywords: chlorine exposure, swimming pool, GPx activity, MDA, respiratory disorderss
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsEmail
PRATIWI HERMIYANTI, 101314353002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMUKONO, prof.Dr.J.dr.M.S.M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Oct 2016 01:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33757
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item