IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KOMITMENPEGAWAI (Studi Korelasi antara Iklim Komunikasi Organisasi dan Komitmen Pegawai Di Dinas Parbudkominfo Kabupaten Gorontalo)

NURHAYATI MODJO, USMAN (2015) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KOMITMENPEGAWAI (Studi Korelasi antara Iklim Komunikasi Organisasi dan Komitmen Pegawai Di Dinas Parbudkominfo Kabupaten Gorontalo). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
24.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-usmannurha-41720-7.--abst-k.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan observasi, peneliti menemukan bahwa arus komunikasi organisasi di Dinas Parbudkominfo tidak berjalan sebagaimana harapan dari para pegawai. Khususnya komunikasi ke atas dan ke bawah (vertikal). Dalam berkomunikasi, pimpinan (Kepala Dinas) lebih memilih untuk menyampaikan pesan kepada pejabat dibawahnya yaitu Sekretaris dan Kepala Bidang. Di satu sisi, staf (bawahan) memiliki hak yang sama untuk dapat menerima informasi langsung dari seorang pimpinan (Kepala Dinas). Dengan mendapatkan informasi secara langsung dari seorang pimpinan, maka pegawai tersebut dapat menghilangkan rasa ketidakpastian mereka akan suatu informasi dalam organisasi. Dengan demikian, arus komunikasi dari bawah ke atas (dari staf yang tidak memiliki jabatan ke pimpinan organisasi) akan berjalan dengan lancar, pegawai dengan mudah menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran mereka berupa ide, gagasan, saran, maupun masalah atau kendala yang dihadapi mereka dalam melaksanakan pekerjaan. Secara teoritik, iklim komunikasi organisasi mempengaruhi komitmen karyawan terhadap organisasi (institusi) dimana mereka bekerja. Iklim komunikasi yang kondusif di organisasi akan menyebabkan komitmen karyawannya juga tinggi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab statemen hipotesis tersebut dengan menggunakan teori iklim komunikasi organisasi dan komitmen pegawai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif atau metode survey (eksplanatif). Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini 39 orang pegawai. Dalam penelitian ini menggunakan skala Likert untuk memberikan nilai dari setiap item pernyataan yaitu bobot nilai 1 untuk nilainya sangat rendah, bobot nilai 2 untuk nilainya rendah, bobot nilai 3 untuk nilainya cukup, bobot nilai 4 untuk nilainya tinggi, dan bobot nilai 5 untuk nilainya sangat tinggi. Untuk menguji hipotesis yang telah diajukan, peneliti menggunakan statistik paramteris dengan teknik korelasi Rho Spearman. Berdasarkan hasil uji statistik, diketahui bahwa angka koefisien korelasi variabel Iklim Komunikasi Organisasi terhadap variabel Komitmen Pegawai dalam organisasi adalah 0.471. Angka ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel, yakni kondisi Iklim Komunikasi Organisasi tingkat Komitmen Pegawai dalam organisasi adalah cukup signifikan dengan koefisien korelasi di antara 0.42 s.d 0.60. Interval koefisien tersebut menunjukkan tingkat hubungan yang sedang antara iklim komunikasi organisasi dan komitmen pegawai di Dinas Parbudkominfo. Meskipun tingkat hubungan antara iklim komunikasi organisasi dan komitmen pegawai di Dinas Parbudkominfo berada pada taraf sedang, namun iklim komunikasi organisasi yang terbentuk di Dinas Parbudkominfo masih dapat dikatakan cukup/sedang sehingga komitmen pegawai yang berada di Dinas Parbudkominfo juga dapat dikatakan cukup/sedang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.41/15 Usm i
Uncontrolled Keywords: iklim komunikasi organisasi, komitmen pegawais
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
NURHAYATI MODJO, USMANUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta’in Mashud,, Prof. Dr. Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 30 Oct 2016 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item