FESTIVAL TRADISI KESULTANAN KUTAI KARTANEGARA ING MARTADIPURA SEBAGAI SARANA BRANDING KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR PERIODE TAHUN 2013

KEZIA ARUM, SARY (2015) FESTIVAL TRADISI KESULTANAN KUTAI KARTANEGARA ING MARTADIPURA SEBAGAI SARANA BRANDING KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR PERIODE TAHUN 2013. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
25.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-sarykeziaa-41722-7.-abstr-k.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini setiap daerah, kota/kabupaten ataupun negara, berlomba untuk menjadikan daerah mereka menjadi tujuan pariwisata. Secara khusus, di Indonesia, kompetisi untuk menjadikan kota-kotanya menjadi tempat pariwisata terasa sangat kuat, khususnya setelah era otonomi daerah. Namun demikian, sebagai kabupaten yang memiliki tradisi dan budaya lokal yang kuat, Kutai Kartanegara belum mampu menjadikan daerahnya menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Atas dasar tersebut, pada tahun 2013 pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara menginisiasi Festival Erau Adat Kutai dengan kemasan baru untuk dijadikan sarana branding kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan bagaimana tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura digambarkan melalui Festival Erau Adat Kutai dan juga bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Festival Erau Adat Kutai menjadi sarana branding Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur pada tahun 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik strategi purposif. Sejumlah lima orang, dengan variasi latar belakang yang berbeda, yang dijadikan responden dalam penelitian ini. Responden tersebut mewakili pihak Keraton/Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pihak Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, dan juga pihak masyarakat Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura tercermin dalam warisan budaya yang ada di masyarakat Kutai Kartanegara. Salah satu warisan budaya tersebut, yang telah ada sejak cikal bakal keturunan raja-raja Kutai Kartanegara adalah Festival Erau Adat Kutai. Festival Erau Adat Kutai dilaksanakan pada setiap acara penobatan raja dan juga pemberian gelar dari raja kepada tokoh atau pemuka masyarakat yang dianggap berjasa terhadap kerajaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Festival Erau Adat Kutai memiliki keunikan tersendiri yang dapat dijadikan sebagai inisiasi sarana branding Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2013. Sebagai saran, penelitian ini memberikan suatu arahan agar inisiasi branding ini dapat dikomunikasikan secara efektif kepada semua elemen masyarakat, sehingga pada akhirnya menciptakan identitas menarik yang dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.42/15 Sar f
Uncontrolled Keywords: City Branding, Festival Erau Adat Kutai, Identitass
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
KEZIA ARUM, SARYUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHenri Subiakto,, Dr.,SH, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 30 Oct 2016 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item