INTERAKTIVITAS ANGGOTA GRUP FACEBOOK DALAM KOMUNIKASI INTERNAL DIREKTORAT SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AIRLANGGA

ANGGA EKA, WICAKSANA (2015) INTERAKTIVITAS ANGGOTA GRUP FACEBOOK DALAM KOMUNIKASI INTERNAL DIREKTORAT SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
27.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-wicaksanaa-41725-6.-abstr-k.pdf

Download (280kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jejaring sosial yang sedang menjamur yang paling populer saat ini adalah facebook. Fenomena ini juga ditemukan di Direktorat Sistem Informasi (DSI) yang berada di Kantor Manajemen Universitas Airlangga. Dari hasil pengamatan awal peneliti didapatkan salah satu media komunikasi yang digunakan adalah grup facebook. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah "Bagaimana interaktivitas, proses manajemen privasi, serta tanggapan anggota grup facebook DSI Unair 2011 yakni staf dan pimpinan di Direktorat Sistem Informasi (DSI) Unair sebagai salah satu medium komunikasi internal organisasi" Setelah peneliti menganalisis teks percakapan antara anggota dan juga berbagai macam postingan lalu kemudian dikelompokkan berdasarkan level jabatan struktur organisasinya, kemudian dihubungkan dan berikan penomoran berdasarkan waktu atau urutan peyampaian komunikasi. Selanjutnya, peneliti mengamati topik yang dibahas yaitu terkait, apakah topik sangat menarik sehingga keterlibatan dari anggota grup untuk meberikan komentar dan membalasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa topik postingan yang ada dalam grup facebook DSI Unair 2011, topik postingan yang ada dalam grup facebook DSI Unair 2011, paling banyak adalah topik postingan yang berkaitan langsung dengan pekerjaan. Terkait dengan yang melakukan postingan tersebut secara umum pada level/jabatan pimpinan meskipun tidak semua, jumlah postingan pimpinan masih lebih banyak ketimbang postingan muncul dari bawahan. Arus komunikasi yang terjadi sudah tidak lagi melewati rangkaian struktur level/jabatan, namun mengalir secara acak bisa muncul dari bawahan maupun dari pimpinan. Hal ini menjadikan komunikasi yang ada dalam grup facebook DSI 2011 lebih demokratis. Menggunakan facebook menghancurkan batasan hierarky dari hal ini mencerminkan ciri-ciri new media yang dapat memotong waktu. Dengan kata lain, komunikasi efektif sangat dibutuhkan dalam pengembangan organisasi. Batasan-batasan aturan yang dibentuk dalam mengatur privacy dalam menggunakan facebook pada berbeda-beda tiap tingkatan. Kebijakan penggunaan facebook itu sendiri sebagai salah satu medium komunikasi organisasi tersebut secara umum semua informan baik staf maupun pimpinan menyatakan kepuasannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK. 44/15 Wic i
Uncontrolled Keywords: Interaktivitas, Komunikasi Organisasi, Aliran Komunikasi,Manajemen Privasi, Tanggapan, Facebook.s
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ANGGA EKA, WICAKSANAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHenri Subiakto,, Dr.,Drs., SH., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 30 Oct 2016 17:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33858
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item