ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PERSAINGAN INDUSTRI SIARAN RADIO: STUDI KASUS PADA RADIO ISTARA SURABAYA

Lucky Tri Harini, 041214353056 (2015) ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PERSAINGAN INDUSTRI SIARAN RADIO: STUDI KASUS PADA RADIO ISTARA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-hariniluck-39728-9.abstr-k.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder24.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia bisnis terus berkembang dengan semakin meningkatnya jumlah pendatang baru dalam setgala bentuk aktivitas bisnis. Radio merupakan salah satu industri kreatif yang mengalami pertumbuhan dalam jumlah pendatang baru, menyebabkan level persaingan semakin meningkat. Disisi lain, radio menghadapi suatu tantangan dimana terjadi perubahan perilaku konsumen (pendengar) yang menyebabkan radio menjadi media yang sedikit demi sedikit semakin ditinggalkan. Perubahan perilaku ini disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor yang berasal dari internal perusahaan, maupun faktor eksternal. Oleh karenanya, sebuah stasiun radio perlu menetapkan strategi yang paling tepat untuk dapat mencapai kinerja yang optimal, dan mampu bersaing dalam tingginya tingkat persaingan industri siaran radio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penetapan strategi bersaing yang didasarkan pada identifikasi dan peenilaian faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan. Responden dari penelitian ini berasal dari pihak internal Radio Istara, sedangkan pihak eksternal berasal dari 3 institusi yang berhubungan dengan industri penyiarran, yaitu Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI)-Jawa Timur, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah jawa Timur, dan pengamat media. Data yang dikumpulkan berasal dari wawancara dengan responden pada tahap awal penelitian untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan, kemudian kuisioner yang akan di berikan kepada responden internal dan eksternal, serta dokumen pendukung. Analisis penelitian menggunakan Internal Factor Ecaluatin (IFE) Matirix, External Factor Evaluation (EFE) Matrix, analisis SWOT, dan analisis posisi perusahaan dengan menggunakan Internal-External (IE) Matrix. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa Radio Istara dapat menggunakan strategi bersaing penetrasi pasar dan pengembangan produk untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing dan bertahan dalam kondisi persaingan industri siaran radio.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 63/15 Har a
Uncontrolled Keywords: Bussiness Strategy, SWOT, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix, External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal-External (IE) Matrixs
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Lucky Tri Harini, 041214353056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI GUNAWAN, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item