DAMPAK PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM DAN SATUAN PERDAGANGAN PADA LIKUIDITAS SAHAM MARGIN DAN SAHAM NON MARGIN : STUDI PADA BURSA EFEK INDONESIA

MADE SURYA PRAMANA, 041214353020 (2015) DAMPAK PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM DAN SATUAN PERDAGANGAN PADA LIKUIDITAS SAHAM MARGIN DAN SAHAM NON MARGIN : STUDI PADA BURSA EFEK INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-pramanamad-39732-5.abstr-k.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Likuiditas pasar modal sering diukur dengan menggunakan beberapa variabel diantaranya adalah dengan menggunakan variabel bid-ask spread, depth, dan volume perdagangan. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat bagaimana variabelvariabel ini terpengaruh oleh perubahan fraksi harga yang dilakukan oleh otoritas bursa, namun terdapat hasil yang berbeda pada hasil penelitian yang telah dilakukan. Untuk meningkatkan pasar modal agar lebih bergairah, Bursa Efek Indonesia mengambil salah satu kebijakan dengan mengubah fraksi harga saham dan satuan perdagangan (lot size) yang efektif berlaku mulai tanggal 6 Januari 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui apakah terdapat perbedaan bid-ask spread, ask depth, bid depth, dan volume perdagangan pada saham margin dan non-margin, selain itu penelitian ini juga untuk mengtahui apakah terdapat perbedaan bid-ask spread, ask depth, bid depth, dan volume perdagangan antara saham margin dan nonmargin setelah kebijakan perubahan fraksi harga saham dan satuan perdagangan diberlakukan di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan periode pengamatan 10 hari sebelum kebijakan baru berlaku dan 10 hari setelah kebijakan baru berlaku. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling (memenuhi kriteria tertentu) sehingga terkumpul 54 sampel pada kategori saham margin dan 163 sampel pada kategori saham nonmargin. Penelitian ini menggunakan Paired t-test dan Mann Whitney U test untuk menganalisis perbedaan bid-ask spread, ask depth, bid depth, dan volume perdagangan pada saham margin dan saham non-margin. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan pada variabel bid-ask spread, ask depth, bid depth, dan volume perdagangan pada saham margin dan saham non-margin. Selain itu penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan pada variabel bid-ask spread dan volume perdagangan antara saham margin dan non-margin setelah kebijakan perubahan fraksi harga saham dan satuan perdagangan diberlakukan di Bursa Efek Indonesia walaupun tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada variabel ask depth dan bid depth.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 67/15 Pra d
Uncontrolled Keywords: Tick Size, Ask Depth, Bid Depth, Trade Volume.s
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MADE SURYA PRAMANA, 041214353020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI MADE SUDANA, Drs. Ec. MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33899
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item