DESAIN PETA STRATEGI SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA PT. ENERGY MANAGEMENT INDONESIA (Persero)

AFREZA ROZAK, 041143077 (2015) DESAIN PETA STRATEGI SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA PT. ENERGY MANAGEMENT INDONESIA (Persero). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-rozakafrez-39735-9.abstr-k.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ROZAKAFREZ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah negara dengan jumlah populasi penduduk terbesar ke empat di dunia sehingga menjadikan pasar potensial yang besar sebagai pengguna energi dalam berbagai aktivitasnya, jumlah penduduk pada tahun 2012 mencapai 245 juta jiwa atau meningkat ratarata sebesar 1,51% per tahun sejak tahun 2000, sedangkan peningkatan pertumbuhan PDB rata-rata selama 12 tahun terakhir mencapai 5,4% PDB dimana pada tahun 2012 PDB Indonesia mencapai 2.619 triliun Rupiah. Dengan meningkatnya jumlah penduduk dan perekonomian, maka meningkat pula kebutuhan energi. Hal ini untuk menunjang laju pertumbuhan yang ada, PT. Energy Management Indonesia selaku Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang energy consulting tidak memiliki kinerja yang baik, dalam kasus ini diperlukan peta strategi berbasis balanced scorecard agar dapat membenahi diri dengan cepat. Dalam penelitian ini menggunakan metode Qualitative-deep interview dalam mengumpulkan data, dari penelitian ini diketahui bahwa strategi dari PT Energy Management Indonesia adalah strategi efisiensi (eficiency strategy) dan strategi berbenah (turn around Strategy) dengan sasaran strategis yaitu profitability, cost efficiency, increase revenue, account increase receivable turnover dan restructurization. Dalam Penelitian in ditemukan bahwa sasaran strategis yang ada pada financial perspective tersebut dapat dicapai dengan pencapaian dari sasaran startegis yang ada pada customer perspective yaitu dengan meningkatkan retensi pelanggan, akuisisi pelanggan dan kepuasan pelanggan, yang selanjutnya mendorong tercapainya peningkatan loyalitas pelanggan. Selain dari pencapaian customer perspective, pencapaian dari sasaran strategis yang ada pada financial perspective juga didukung oleh sasaran strategis yang ada pada internal business process perspective yaitu tercapainya, efektifitas dan efisiensi operasi, project outcome review dan market segmen concentrationn. Pencapaian dari internal business process perspective ini akan didukung dengan pencapaian learning and growth perspective yaitu human capital, information capital dan organizational capital.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 70/15 Roz d
Uncontrolled Keywords: Strategy map, balance scorecard, energy, managements
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AFREZA ROZAK, 041143077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBASUKI, Drs., M.Com(Hons), Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item