PENGARUH COSMOPOLITANISM, RELATIVE PRODUCT QUALITY DAN CONSUMER ETHNOCENTRISM TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN GENERASI Y PADA PRODUK PAKAIAN MEREK GLOBAL

RACHMA DESSIDIANTI, 041314353036 (2015) PENGARUH COSMOPOLITANISM, RELATIVE PRODUCT QUALITY DAN CONSUMER ETHNOCENTRISM TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN GENERASI Y PADA PRODUK PAKAIAN MEREK GLOBAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-dessidiant-39740-10.abst-k.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
DESSIDIANT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perilaku pilihan konsumen dalam konteks kelompok usia generasi Y dengan memeriksa efek dari cosmopolitanism, relative product quality dan consumer ethnocentrism terhadap produk pakaian merek global. Data diambil berdasarkan survei kuesioner dari 210 konsumen generasi Y. Instrumen penelitian diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Model pengukuran preferensi konsumen generasi Y diuji menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Setelah dilakukan pengujian reliabilitas dan validitas, kemudian dilakukan evaluasi terhadap model struktural untuk menguji hubungan hipotesis. Temuan dari penelitian ini yaitu cosmopolitanism memiliki pengaruh positif pada relative product quality produk pakaian merek global, oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa hipotesis 1 diterima. Temuan kedua adalah relative product quality produk pakaian merek global memiliki efek positif terhadap preferensi konsumen generasi Y, maka hipotesis 2 diterima. Hipotesis 3 mengatakan ada pengaruh negatif antara cosmopolitanism dan consumer ethnocentrism, tetapi hipotesis ini ditolak. Hasil hipotesis yang ditolak juga ditemukan dalam hipotesis 4, dimana hipotesis 4 mengatakan ada efek negatif antara consumer ethnocentrism dan preferensi konsumen generasi Y. Temuan terakhir menunjukkan bahwa cosmopolitanisme memiliki efek positif terhadap preferensi konsumen generasi Y. Hasil penelitian ini dapat berguna untuk produsen pakaian merek lokal untuk meningkatkan strategi mereka dan mengembangkan promosi kepada konsumen mereka. Temuan ini merupakan sinyal penting untuk produsen pakaian merek lokal untuk mendapatkan market share di antara berbagai pilihan produk pakaian yang muncul.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 76/15 Des p
Uncontrolled Keywords: Consumer Behavior, Cosmopolitanism, Product Quality, Consumer Ethnocentrism, Generation Y, Global Brands
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RACHMA DESSIDIANTI, 041314353036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI GUNAWAN, DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33906
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item