Perbandingan Efektivitas Midazolam dan Preoperative Education Sebagai Premedikasi Terhadap Kecemasan Pasien Menurut Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) Pada Operasi Elektif di Kamar Operasi GBPT RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Idris Nursoffa, dr. (2015) Perbandingan Efektivitas Midazolam dan Preoperative Education Sebagai Premedikasi Terhadap Kecemasan Pasien Menurut Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) Pada Operasi Elektif di Kamar Operasi GBPT RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-nursoffaid-39746-4.abst-k.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
NURSOFFAID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang Penelitian: Pengelolaan anestesi dimulai dengan persiapan prabedah meliputi pendekatan psikologis dan farmakologis untuk menghilangkan rasa cemas dan membuat penderita tenang. Mempersiapkan pasien yang akan menjalani operasi merupakan hal yang kompleks bagi seorang ahli anestesiologi, dan harus di mulai sejak dari ruangan rawat inap hingga kamar operasi. Sejauh ini belum ada studi yang membandingkan tingkat kecemasan pasien menurut Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) antara penggunaan midazolam dan Preoperative Education sebagai premedikasi, sehingga apabila memiliki efek yang sama, maka dapat dipergunakan sebagai alternatif premedikasi. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat randomized clinical controlled trial (eksperimental klinik). Penderita dikelompokkan kedalam 2 grup secara acak, yaitu kontrol dan perlakuan. Grup kontrol (K) diberikan premedikasi midazolam 0,04 mg/kgBB intravena. Grup perlakuan (P) diberikan premedikasi preoperative education. Kedua kelompok tersebut mendapat perlakuan yang sama saat induksi dan selama operasi. Pada kedua kelompok dilakukan pengukuran Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) sesudah dilakukan premedikasi. Hasil Penelitian : Setelah pemberian premedikasi, nilai kecemasan pada pasien menurut Hamilton Anxiety Rating Scale tidak berbeda secara signifikan antara kedua kelompok (p < 0,000) premedikasi midazolam dan preoperative education. Perubahan hemodinamik setelah dilakukan premedikasi tidak berbeda antara kedua kelompok. Tidak ditemukan adanya efek samping seperti hipotensi, hipertensi, bradikardi, mual dan muntah pada kedua kelompok. Kesimpulan : Premedikasi preoperative education memiliki efek kecemasan dan perubahan hemodinamik yang sama dengan midazolam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.AR.16/15 Nur p
Uncontrolled Keywords: Midazolam, preoperative education, premedikasi, anxiety, respon stress,Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS).s
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Idris Nursoffa, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAMBANG PUJO SEMEDI, dr. SpAn. KIC.UNSPECIFIED
ContributorBAMBANG HARIJONO, dr. SpAn. KNAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33909
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item