FORMULASI STRATEGI BISNIS PT. CATUR PILAR SEJAHTERA DALAM UPAYA PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING

ALINA SUSILOWATI SUDARKO, 041143078 (2015) FORMULASI STRATEGI BISNIS PT. CATUR PILAR SEJAHTERA DALAM UPAYA PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-sudarkoali-39763-9.abstr-k.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permintaan produksi atas produk tekstil nonwovens, khususnya spunbond telah berkembang pesat selama 10 tahun terakhir, terutama di area regional Asia / Pasifik. Dalam beberapa tahun terakhir, fakta mengenai adanya perubahan iklim yang disebut juga sebagai isu global warming marak diperbincangkan di kalangan masyarakat, sehingga akan berpengaruh terhadap penggunaan kantong plastik khususnya di Indonesia. Tas berbahan dasar spunbond menjadi salah satu alternatif pilihan sebagai pengganti kantong belanja dari plastik karena karakteristiknya yang ringan, mudah digunakan dan disimpan, reusable serta ramah lingkungan. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan akan tas spunbond dan persaingan di dalam industri pun semakin ketat. PT. Catur Pilar Sejahtera adalah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri pembuatan tas spunbond. Sampai saat ini, PT. CPS belum mempunyai dan menerapkan suatu strategi bisnis untuk diaplikasikan dalam operasi bisnis perusahaan. Dengan semakin ketatnya persaingan dalam industri, pesaing yang menawarkan produk dengan harga yang bersaing; serta adanya potensi pasar yang tinggi, maka dengan belum adanya penerapan strategi bisnis, perusahaan lambat laun akan terkena dampak negatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bisnis yang efektif agar perusahaan dapat menjaga kesinambungan bisnis perusahaan dalam menghadapi lingkungan bisnis serta dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode analisis Internal External Factor Evaluation (IFE EFE) Matrix, Internal External (IE) Matrix, TOWS Matrix dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk mendapatkan rancangan strategi bisnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. CPS berada pada posisi grow and build sehingga perusahaan dapat berfokus pada alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi yang diperoleh dari hasil plotting matriks TOWS adalah : (1) menambah varian produk tas spunbond; (2) melakukan diferensiasi akan produk berbahan dasar spunbond; dan (3) melakukan kerja sama dengan perusahaan lain untuk memenuhi permintaan pasar yang diserap oleh perusahaan. Berdasarkan QSPM, yang menjadi prioritas alternatif strategi adalah menambah varian produk tas spunbond.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 81/15 Sud f
Uncontrolled Keywords: Spunbond bags industry, business strategy formulation, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix, External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal External (IE) Matrix, TOWS Matrix, QSPMs
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ALINA SUSILOWATI SUDARKO, 041143078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorINDRIANAWATI USMAN, Dr. SE., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 21:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33916
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item