Explorasi Dampak Penerapan Peringatan Bergambar Pada Kemasan Rokok Terhadap Perokok Dewasa

Adiyono Hamuji, 041143073 (2015) Explorasi Dampak Penerapan Peringatan Bergambar Pada Kemasan Rokok Terhadap Perokok Dewasa. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-hamujiadiy-39799-4.abstr-k.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya peraturan pemerintah No 109 dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 28 tahun 2013, mengharuskan para produsen rokok untuk melakukan perubahan pada setiap kemasan rokok, dengan mencantumkan peringatan bahaya merokok secara bergambar. Perubahan kemasan tersebut tentunya akan sangat berdampak dan mempengaruhi para perokok aktif didalam mengkonsumsi rokok. Zat adiktif yang terkandung didalam rokok, menyebabkan para perokok aktif tidak dapat mengontrol konsumsi rokok dan sangat sulit untuk berhenti mengkonsumsi rokok. Adanya peringatan bergambar dan sifat adiktif terhadap rokok, membuat perokok aktif tidak nyaman atau mengalami perasaan Cognitive Dissonance. Dimana perasaan ini merupakan perasaan tidak nyaman dikarenakan gambar peringatan bergambar akan tetapi tidak dapat melawan rasa ingin untuk mengkonsumsi rokok. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya setiap perokok aktif merasakan gangguan dan ketidaknyamanan pada saat pertama kali melihat gambar peringatan bergambar dan pada saat mengkonsumsi rokok dan melihat rokok dengan gambar peringatan yang mengekpose penyakit akibat merokok. Oleh karenanya muncul beberapa pola-pola mengkonsumsi rokok yang baru seperti memindahkan isi rokok kedalam kemasan rokok lain, menutupi gambar peringatan, sampai dengan merobek gambar peringatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 91/15 Ham e
Uncontrolled Keywords: Pictorial Health Warning, Cognitive Dissonance, active smokers
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Adiyono Hamuji, 041143073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGANCAR CANDRA PREMANANTO, Dr. SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 24 Oct 2016 23:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item