ANALISIS KESIAPAN MANAJEMEN TERHADAP IMPLEMENTASI PERUBAHAN ORGANISASI PENGELOLAAN SDM SINGLE GRADE DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION V

ROY STEFANUS FANGGIDAE, 041314353041 (2015) ANALISIS KESIAPAN MANAJEMEN TERHADAP IMPLEMENTASI PERUBAHAN ORGANISASI PENGELOLAAN SDM SINGLE GRADE DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION V. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-fanggidaer-40252-9.abstr-k.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
33989.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini dunia bisnis bergerak secara dinamis dan menuntut keefektifan organisasi dalam penerapan implementasi perubahan kebijakan sebagai bentuk upaya perusahaan untuk menuju menjadi Perusahaan Kelas Dunia. Hampir semua organisasi selalu memperkenalkan perubahan-perubahan kecil dan besar yang adaptif. Oleh karena itu, setiap perubahan dalam organisasi harus direncanakan dan di kelola sebaik mungkin. Proses perubahan harus dikelola secara terampil agar perubahan tersebut terjadi secara efektif demi kepentingan organisasi. PT Pertamina (Persero) dalam implementasi perubahan organisasi menerapkan Single Grade. Penelitian ini menjelaskan proses change yang terjadi pada PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V dengan 17 (tujuh belas) kunci elemen dari pendiagnosaan perubahan dengan menggunakan model Readiness for change menurut Stewart yaitu Sponsorship,leadership, motivation, direction, measurements, organizational context, processes or functions, competitor benchmarking, customer focus, rewards, organizational structure, communication, organizational hierarchy, prior experience with change, morale, innovation, dan decision making. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksplanatory (eksplanatoris). Penelitian ini menggunakan holistic case study, dengan menggunakan interview, observasi dan melihat dokumen internal perusahaan untuk mendapatkan data yang diperlukan. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa terdapat upaya nyata dari PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V dalam melakukan perubahan. Proses change di PT Pertamina (Persero) (Persero) Marketing Operation Region V yang ditunjukkan dalam tujuh belas kunci elemen pendiagnosaan perubahan berimplikasi pada meningkatnya kinerja karyawan. Upaya-upaya perubahan yang dilakukan perusahaan menuntut karyawan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan diri serta bertanggungjawab penuh terhadap tugas-tugas yang diberikan. Proses perubahan masih berlangsung dan memerlukan monitoring serta evaluasi terus menerus guna mengetahui perkembangan proses perubahan yang dilakukan sehingga selalu berkembang kearah yang lebih baik. Penelitian ini membuka kesempatan bagi penelitian berikutnya dengan sumber bukti yang makin banyak dan metode yang berbeda

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 61/15 Fan a
Uncontrolled Keywords: Organizational change, model Readiness for change, 17 (seventeen) key elements, single grades
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ROY STEFANUS FANGGIDAE, 041314353041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDWI RATMAWATI, Dr. SE., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 18 Jun 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33989
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item