EFEKTIFITAS PEER-ASSISTED LEARNING SRATEGIES (PALS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS III SEKOLAH DASAR

Deasy Christia Sera, - (2016) EFEKTIFITAS PEER-ASSISTED LEARNING SRATEGIES (PALS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS III SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-seradeasyc-41000-tesisde-2.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder34.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Peer-Assisted Learning Srategies (PALS) dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelas III Sekolah Dasar. Membaca merupakan proses berbagai segi dimana pembaca harus mampu membaca kata-kata yang ada pada bacaan dengan kelancaran dan akurasi dan membangun makna yang lebih tinggi, hal ini sesuai dengan pendapat Lyons dalam Halberstan (2008). Kemampuan ini sebagai dasar seorang anak untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar. PALS (Peer Assisted Learning Strategies) adalah metode pengajaran yang tidak mengikut sertakan guru dalam prosesnya. Dalam pembelajaran dibantu oleh rekan yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental dan desain pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 4 siswa kelas III yang dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala Informal Reading Inventroy (IRI). Uji validitas pada Informal Reading Inventroy (IRI) berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert). Uji reliabilitas pemahaman membaca menggunakan Cronbach's Alpha.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi.08/16 Ser e
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, PALS (Peer Assisted Learning Strategies),siswa kelas III Sekolah Dasars
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsEmail
Deasy Christia Sera, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Ainy Fardana N, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34057
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item