PENINGKATAN RELASI SOSIAL DENGAN SOCIAL SKILL THERAPY PADA PENDERITASCHIZOPHRENIA KATA TONIK

DIANA SAVITRI HIDAYATI, 090315179M (2006) PENINGKATAN RELASI SOSIAL DENGAN SOCIAL SKILL THERAPY PADA PENDERITASCHIZOPHRENIA KATA TONIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
34081.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia angka penderita Schizophrenia pada 25 tahun yang lalu diperkirakan 1/1000 penduduk dengan proyeksi 25 tahun mendatang mencapai 3/1000 penduduk. (Hawaii 2001). Seorang penderita schizophrenia harus didorong untuk bergaul dengan orang lain dengan maksud agar ia tidak mengasingkan diri lagi, karena bila ia menarik diri ia dapat membentuk kebiasaan yang kurang baik (Mararnis : 1998). Social skills therapy berguna untuk meningkatkan kemampuan sosial, kemampuan memenuhi diri sendiri, latihan praktis dan komunikasi interpersonal (Kaplan & Sadock : 1997). Penelitian dengan metode studi kasus terhadap seorang penderita schizophrenia katatonik menggunakan intervensi berupa social skills therapy untuk meningkatkan relasi sosial. Hasil pelaksanaan social skills therapy adalah subyek penelitian mampu menunjukkan respon berupa uluran tangan untuk berjabat tangan dan subyek mampu mengadakan interaksi timbal balik berupa senyuman ketika diberi pertanyaan. Sessi terapi yang sempat terhenti menyebabkan perubahan yang telah terbentuk pada subyek kembali seperti semula saat terapi belum dilaksanakan. Hasil dari intervensi berupa social skills therapy akan lebih baik bila sessi terapi dilaksanakan secara berkesinambungan dan pihak keluarga juga ikut berperan aktif dalam pelaksanaan terapi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psycho Corner 015/06 Hid p
Uncontrolled Keywords: Schizoprenia
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DIANA SAVITRI HIDAYATI, 090315179MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 18 Jun 2017 19:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item