PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA SERTA MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA DIREKTORAT PENGELOLAAN LAHAN OTORITA BATAM

UMEN DARTONO, 090010154L (2005) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA SERTA MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA DIREKTORAT PENGELOLAAN LAHAN OTORITA BATAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-dartonoume-3848-te0907-t.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
34107.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Otorita Batam sebagai lembaga pemerintah non-Departemen yang karyawannya sebahagian besar berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdomisili di Pulau Batam dalam operasionalnya mengembangkan Pulau Batam menjadi Kawasan Industri, Perdagangan, Alih Kapal dan Pariwisata serta berhak atas pengelolaan dan pemanfaatan lahan untuk keperluan pembangunan Batam sebagai Daerah Kawasan Industri yang sepenuhnya menjadi wewenang Otorita Batam (OB). Direktorat Pengelolaan Lahan salah satu direktorat yang ada di OB yang khusus menangani masalah pelayanan lahan yang langsung berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat, sehingga dituntut kinerja yang optimal. Beberapa faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan kinerja adalah budaya organisasi , lingkungan kerja, motivasi dengan dicapai kepuasan kerja karyawan. Sesuai dengan rumusan masalah yang dikemukakan maka tujuan penelitian secara umum adalah untuk menguji dan mengukur pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja serta motivasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja Direktorat Pengelolaan Lahan OB. Hasil analisa dengan menggunakan analisa jalur (Path Analysis) telah membuktikan bahwa ternyata variabel budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja artinya tidak memberikan peningkatan terhadap kinerja. Untuk variabel lainnya yang diteliti yaitu lingkungan kerja tidak berpengarah Iangsung terhadap kinerja tetapi berpengaruh terhadap kepuasan kerja artinya lingkungan kerja harus ditingkatkan sehingga akan dicapai kepuasan kerja yang akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja. Sedangkan variabel motivasi berpengaruh signifikan secara langsung baik terhadap kepuasan kerja maupun kinerja artinya bahwa karyawan pada Direktorat Pengelolaan Lahan OB telah termotivasi terhadap tugas ataupun perintah-perintah yang di berikan oleh organisasi sehingga hal ini harus tetap dipertahankan untuk waktu dimasa datang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 09/07 Dar p
Uncontrolled Keywords: Organizational culture, work environment, work satisfaction
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
UMEN DARTONO, 090010154LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUMAR NIRMAN, Prof. Dr. H. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Jun 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34107
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item